SHARE THIS ARTICLE

game_photo_image2187

J-League adalah liga terbaik di Asia seperti dirilis oleh AFC (Asian Football Confederation) di awal 2014, tidak salah apabila persaingan klub di liga ini sangat sengit hingga akhir kompetisi termasuk pertandingan derby. Ada beberapa derby terkenal di Jepang, antara lain Derby Kanagawa yang mempertemukan Yokohama F-Marinos dan Kawasaki Frontale lalu ada pula Derby Yamanashi antara Kashiwa Reysol dan Ventforet Kofu.

Yang akan dibahas kali ini adalah Derby Shizuoka antara Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata di mana kedua tim ini sama-sama berasal dari Prefektur Shizuoka namun berbeda kota, Shimizu S-Pulse mewakili Suruga sedangkan Jubilo Iwata mewakili Totomi. Sejak 1994 kedua tim ini telah bertemu 41 kali dengan catatan 22 kemenangan untuk Jubilo Iwata, 15 kemenangan untuk Shimizu S-Pulse dan 4 kali berakhir seri. Dengan statistik tersebut bisa disimpulkan bahwa kedua tim ini lebih banyak saling mengalahkan satu sama lain, maka tidak heran persaingan Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata memang sangat sengit.

Faktor terbesar persaingan di antara dua klub ini lebih didominasi oleh faktor historis, di mana sebelum bernama J-League (saat masih bernama Japan Soccer League) Jubilo Iwata telah lebih dahulu mewakili Prefektur Shizuoka, sedangkan Shimizu S-Pulse baru mengikuti kompetisi di tahun 1994 atau setelah liga Jepang bernama J-League. Suporter Jubilo Iwata pun mengklaim bahwa klub yang mereka dukung adalah yang tertua di Shizuoka dan otomatis lebih pantas berlaga di J-League daripada Shimizu S-Pulse yang baru bergabung dan tidak mengikuti kompetisi saat masih bernama Japan Soccer League ditambah Jubilo Iwata telah lama didukung oleh Yamaha Motor Corporation yang merupakan perusahaan terbesar di Shizuoka khususnya dan Jepang pada umumnya.

Persaingan tim dari kawasan yang sama memang selalu menimbulkan persaingan sengit di segala aspek, selama persaingan itu masih wajar dan tidak menodai nilai sportifitas maka sah-sah saja dan patut untuk di nanti.

Salam Sportifitas.

Source : oneworldsports.com
COMMENT