SHARE THIS ARTICLE

Ada sisi lain Kyoto yang jarang dibicarakan orang. Bukan soal keindahan alam atau pesona kota tua di sana melainkan dunia lain yang tidak kasat mata. Tahukah kalian bila Kyoto memiliki nama lain Kyoto Makai atau Neraka Kyoto dan telah berhubungan dengan yokai (siluman) dan chimimouryo (roh jahat di gunung dan sungai) sejak dahulu kala?

Banyak sekali tempat-tempat seram yang Kyoto miliki. Namun marilah sekarang berbicara tentang danau Midorogaike yang terletak di Distrik Kita, di sebelah utara kota Kyoto. Sejatinya, danau kecil ini dibuat oleh pemerintah sebagai monumen nasional untuk melindungi tumbuhan dan binatang sejak 1988. Sayangnya beberapa cerita seram yang terjadi di sini mengubah imejnya menjadi tempat yang sangat angker.

Danau Midorogaike, Daerah Terangker di Kyoto Utara
image: hypebeast.com

Pertama adalah cerita tentang supir taksi yang mengantar seorang wanita pada waktu malam hari. Wanita tersebut minta diantarkan ke danau Midorogaike dan permintaan tersebut membuat sang supir terheran-heran. Pasalnya waktu menunjukkan malam yang sudah terlalu larut untuk pergi ke danau. Namun sang supir tetap melanjutkan perjalanannya dan terkaget begitu tiba ia melihat sang wanita itu tidak ada dan hanya mendapati bangku belakang yang basah. Sejak kejadian itu beberapa supir taksi Kyoto sepakat untuk tidak mengantar penumpang ke danau tersebut di malam hari.

Cerita kedua adalah roh-roh yang bergentayangan di sekitar danau. Dulu ada rumah sakit jiwa yang berada di dekat danau itu dan dikatakan beberapa pasien menenggelamkan diri mereka di sana. Banyak yang percaya bila mayat yang tenggelam akan terikat di dasar danau yang sangat dalam. Kondisi permukaan danau yang berlumpur akan membuat orang yang jatuh ke bagian dasarnya sulit untuk terapung maka tubuh-tubuh tersebut kerap dinyatakan hilang. Beberapa saksi mata mengatakan pernah melihat roh-roh menampakkan diri di sekitar danau.

Untuk kalian yang penasaran, bisa mengunjungi danau kecil ini dengan bus kota Kyoto atau kereta bawah tanah. Bagi yang naik kereta, turunlah di Stasiun Kitawama dan berjalanlah selama 15 menit. Untuk yang naik bus, pilih bus nomer 4 dan turun di Midorogaike.

Resiko ditanggung pengunjungnya ya.

(Featured image: thekyotoproject.org)

Sources :
COMMENT