SHARE THIS ARTICLE

Comiket coverKalian yang suka menonton anime, membaca manga, atau nonton dorama, terutama yang memiliki tokoh seorang otaku atau penggemar anime, mungkin sudah tidak asing dengan event Summer Comic Market (Comiket) yang memang sering ditampilkan bak medan perang penuh lautan manusia yang ‘menggila’ berebut berbagai merchandise edisi terbatas sebelum kehabisan. Dari areal yang sangat luas, para pengunjung harus tahan berdesak-desakan, kekurangan oksigen, belum lagi menghadapi cuaca yang panas, dijemur di lapangan terbuka, hingga mengantri berjam-jam dengan barang belanjaan kalian. Terutama bagi kalian yang masih pemula, berikut adalah tips-tips berguna untuk dapat bertahan selamat sentosa dalam ‘medan perang’ para otaku yang satu ini.

1. Pakai Pakaian yang Nyaman

Comiket 5Kenakan pakaian yang memudahkan kalian bergerak, serta pertimbangkan musim dan cuaca. Ingat, kalian akan berpanas-panasan (atau dingin saat Winter Comiket), terbakar sinar matahari, atau bahkan diterpa derasnya hujan saat mengantri.

2. Jangan Lupa Makan dan Bawa Botol Air!

Comiket 4Perhatikan juga kondisi tubuh kalian jika tak ingin pingsan di tengah jalan. Pastikan untuk sarapan sebelum berangkat dan membawa makanan ringan yang dapat membantu mengembalikan energi kalian (terutama jika tidak sempat makan siang dengan benar atau jika tempat-tempat makan yang ada sudah penuh). Membawa botol air minum sudah wajib hukumnya jika tidak ingin dehidrasi setelah berkeringat begitu banyak.

3. Money, Money, Money

Comiket 1Bukannya ingin menghambur-hamburkan uang, tapi pastikan untuk membawa uang lebih untuk keadaan darurat (termasuk saat melihat merchandise tak terduga yang sangat kalian inginkan juga, hehe). Tukarkan uang ¥10.000 kalian dengan pecahan ¥1000, serta jangan lupa siapkan juga koin-koin ¥100. Ingat, Comiket hanya menerima uang tunai, dan akan sangat memudahkan para penjual saat kalian membayar dengan uang pas.

4. Sabar

Comiket 3Seniat apapun kalian, menginap di lokasi itu melanggar aturan, lho! Jika kalian naik kereta paling pagi pun, kalian masih harus siap berlomba-lomba dengan para pengunjung lain di barisan depan. Dan, pastikan masuk keluar antrian dengan tertib, ya.

5. Jaga ‘Aroma Tubuh’ Kalian

Comiket 2Nggak usah ke Comiket dulu deh, kalian mungkin sudah pernah mengalami sendiri mencium ‘bau-bau tak sedap’ saat berdesak-desakan di event besar dalam negeri‘. Hal ini mungkin sepele, tapi alangkah baiknya jika kalian dapat menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh masing-masing agar sesi berdesak-desakan dapat lebih nyaman bagi semua orang.

Summer memang musim rajanya event, dan bukan hanya Comiket, tips-tips ini juga tentunya bisa berguna dan berlaku pula untuk event-event sejenis di manapun, ya. Alangkah baiknya bila kita bisa saling memperhatikan kenyamanan diri sendiri dan orang lain. ‘Happy shopping dan selamat ‘berperang‘!’

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT