SHARE THIS ARTICLE

 

chakin sushiSushi tidak harus selalu disajikan dengan terbungkus nori/rumput laut lho. Kalau kalian suka varian sushi yang mana? Di Jepang, sushi memiliki berbagai varian dan tampilan, salah satunya adalah chakin sushi. Berbeda dari sushi lain pada umumnya, chakin sushi adalah bola-bola nasi dicampur cuka yang kemudian dibungkus dengan lembaran telur yang sangat tipis. Hidangan ini biasa ditemukan dalam festival makanan untuk gadis-gadis Jepang.

Seperti dikutip dari houseofjapan.com, berikut ini adalah bahan dan cara pembuatannya. Yuk kita coba membuat chakin sushi! Siapa tahu hidangan ini bisa membuat teman-teman kalian terkejut!

Bahan-bahan

Resep ini untuk membuat 6 porsi
1 cangkir beras sushi, atau beras putih Jepang dengan butiran pendek
3 butir telur, dikocok
1/4 sdt garam
1 sendok makan minyak sayur
3 sendok makan cuka beras
2 sendok makan gula putih
1 sendok teh garam
2 sendok makan biji wijen hitam
6 tangkai peterseli Italia dengan batang yang panjang

Cara pembuatan

Dalam panci masak air hingga mendidih. Masukkan beras dan aduk. Kecilkan api, tutup dan didihkan selama 20 menit. Setelah matang, pindahkan nasi dengan sendok ke dalam mangkuk besar dan biarkan dingin hingga cukup dingin untuk dipegang.

Sementara itu, kocok telur dengan 1/4 sendok teh garam. Sikat bagian dasar wajan dengan minyak sayur, dan tempatkan di atas api sedang. Setelah panas, tuangkan ke dalamnya 1/6 dari campuran telur dan sebarkan secara merata di bagian dasar panci. Masak hingga telur baru saja mengeras, lalu balik dengan hati-hati dan masak selama beberapa detik untuk mengeraskan sisi lainnya. Ulangi dengan telur yang tersisa untuk membuat 6 lembaran tipis.

Aduk bersama cuka, gula, dan 1 sendok teh garam dalam mangkuk kecil. Masak dalam microwave selama beberapa detik hingga campurannya panas; aduk sampai gula larut. Campurkan cuka dan biji wijen ke dalam nasi hangat.

Untuk membentuknya, tempatkan sesendok nasi berukuran besar ke bagian tengah setiap lembaran telurnya. Lipat menjadi persegi, dan ikat dengan setangkai peterseli Italia untuk menahannya.

Source : houseofjapan.com
COMMENT