SHARE THIS ARTICLE

Sushi merupakan makanan ala Jepang yang berbahan dasar nasi yang disajikan bersama neta atau lauk, yang berupa makanan laut, daging atau sayuran.

Sushi roll (Dok.Koiki Restoran)
Sushi roll (Dok.Koiki Restoran)

Sushi tak hanya menjadi makanan khas Jepang saja, tetapi juga menjadi makanan favorit di Indonesia. Tak heran jika kita sekarang banyak menjumpai tempat makan yang menjajakan sajian Jepang ini. Di mulai kaki lima hingga hotel berbintang, semuanya dapat dijumpai dan semuanya hanya tinggal disesuaikan dengan isi kantong.

Nama sushi sendiri berasal dari bahasa kuno yang mengarah ke kata sifat, yaitu masam. Suatu gambaran mengenai proses fermentasi, yang berarti proses pengawetan ikan dengan fermentasi yang dikemas di dalam nasi. Agar proses berjalan baik, dibutuhkan bantuan cuka.

Menurut cerita masa lalu, sushi sudah ada sejak zaman Edo, dan dikenal dengan nama oshizushi. Tetapi di akhir zaman Edo, nama sushi berubah kembali menjadi nigirizushi. Hanya saja ukurannya lebih kecil agar mudah untuk dinikmati. Di tahun 1970-an sushi masih menjadi makanan mewah, sedangkan bagi rakyat biasa mereka hanya dapat menikmati saat acara khusus.

Warung sushi pertama kali didirikan di Osaka pada tahun 1958. Tempat makan ini diberi nama dengan Kaitenzushi. Seiiringnya waktu penyebarannya pun semakin meluas, begitu juga dengan ragamnya.

Source : life.viva.co.id
COMMENT