SHARE THIS ARTICLE

Sama seperti di Indonesia, nasi juga telah lama menjadi makanan pokok masyarakat Jepang. Walaupun beras yang digunakan berbeda dengan beras di Indonesia, masyarakat Jepang juga biasa menyantap nasi dengan berbagai lauk pauk lezat.

Cara Membuat Santapan Nasi Jepang Jadi Nikmat
Umeboshi (Rocketnews 24)

Tak hanya itu, orang Jepang juga terbiasa menyajikan nasi di dalam mangkuk bersama topping tertentu. Begitu banyak topping yang dapat disajikan bersama semangkuk nasi putih panas, namun terdapat beberapa topping yang paling digemari. Berikut empat topping nasi favorit masyarakat Jepang menurut sebuah survei internet, seperti yang ditulis Rocketnews.

Mentaiko
Salah satu teman makan nasi khas Jepang yang terbilang tradisional yakni mentaiko yang merupakan telur ikan cod yang telah diberi bumbu pedas. Berbentuk lonjong dengan ukuran yang cukup besar, telur ikan roe ini biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti jika disantap bersama sushi.

Natto
Di Jepang, kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang umum dikonsumsi. Masyarakat lokal Jepang juga banyak mengolah kedelai menjadi beragam panganan yang disajikan dengan cara yang berbeda. Saking digemarinya, kacang kedelai juga sering menjadi teman makan nasi. Kedelai yang telah difermentasi biasanya langsung dituang di atas semangkuk nasi panas dan diberi taburan daun bawang.

Umeboshi
Topping nasi yang satu ini terbilang sangat tradisional karena telah dinikmati masyarakat Jepang selama berpuluh-puluh tahun lamanya. Umeboshi sebenarnya merupakan acar buah plum yang memiliki cita rasa asam dan manis. Buah plum berwarna merah seringkali diletakkan di tengah-tengah nasi di kotak makanan bento.

Kimchi
Walaupun merupakan santapan khas Korea, ternyata terbukti bahwa acar yang terbuat dari sawi putih dan bumbu pedas ini kian digemari di Jepang. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat lokal yang melakukan diet kimchi yang diyakini ampuh untuk menurunkan berat badan.

Source : life.viva.co.id
COMMENT