SHARE THIS ARTICLE

sushiTernyata masih banyak yang belum tahu cara memakan sushi yang benar. Di Jepang cara menyantap makanan dianggap begitu penting agar mendapatkan cita rasa yang maksimal dari makanan yang dimasak dari bahan-bahan alami yang segar.

Dalam menyantap sushi, penting pula untuk mendapatkan keseimbangan rasa dan tekstur dari daging ikan segar dan nasi.

Berikut adalah cara menyantap sushi yang benar, supaya mendapat cita rasa yang memuaskan:

Celupkan daging ikan ke dalam kecap asin
Saat menyantap sushi, banyak orang cenderung menyelupkan bagian nasi ke dalam soyu atau kecap asin. Cara yang tepat adalah dengan menyelupkannya dalam posisi terbalik yakni daging ikan berada di bawah dan hanya sedikit saja di bagian ujung daging yang dicelupkan ke kecap asin. Hal ini agar rasa asin kecap tidak merusak cita rasa alami sushi. Jika nasi yang dicelupkan maka nasi akan menyerap terlalu banyak kecap asin.

Gunakan tangan
Masyarakat tradisional Jepang biasa menyantap sushi tanpa menggunakan sumpit. Hal tersebut karena mereka menganggap menyantap sushi adalah pengalaman sensual yang harus dilakukan dengan tangan tanpa menggunakan alat bantu makan sama sekali.

Jangan menambahkan wasabi
Mereka para penggemar pedas biasanya menyantap sushi dengan tambahan wasabi yang dicampur ke dalam kecap asin. Walaupun tidak memberikan cita rasa pedas seperti cabai, wasabi memiliki rasa pedas menohok yang akan menyerang tenggorokan dan hidung Anda.

Namun, ternyata masyarakat Jepang tidak terbiasa menambahkan wasabi ke kecap asin saat menyantap sushi. Ini karena biasanya sang chef telah memberikan sedikit wasabi di bagian bawah daging ikan sebelum menempelkannya ke atas nasi. Untuk itu, Anda sebenarnya tak perlu menambahkan wasabi lagi karena hanya akan menutupi cita rasa alami sushi dengan rasa pedas.

Santap sushi dengan lidah menyentuh daging ikan
Yang satu ini juga merupakan kesalahan umum saat menyantap hidangan ini. Sushi haruslah disantap dengan posisi terbalik yakni dengan nasi berada di bagian atas sehingga lidah menyentuh daging ikan. Hal ini tentu saja agar Anda dapat menikmati cita rasa daging ikan yang alami dan segar.

Source : rancahpost.co.id
COMMENT