SHARE THIS ARTICLE
Bermain Super Mario World menggunakan controller sudah biasa. Namun bagaimana jadinya bila memainkan game ini dengan menggunakan hidung?
Bermain Super Mario World menggunakan controller sudah biasa. Namun bagaimana jadinya bila memainkan game ini dengan menggunakan hidung?

Bagi Anda para fans game Super Mario, tentunya Anda pasti tahu seri game Super Mario World. Game yang dirilis untuk Super Nintendo pada tahun 1990 ini termasuk salah satu seri game Super Mario yang tergolong populer.

Gameplay Super Mario World tergolong mudah bila dimainkan dengan controller, namun bagaimana rasanya memainkan game ini dengan meniup suling lewat hidung?

Menurut informasi yang dilansir laman Geek, Sabtu (31/1/2015), salah seorang pengguna website NicoNico dari Jepang yang bernama Wakou bisa memainkan game Super Mario World menggunakan suling dan meniupnya lewat hidung untuk mengontrol Mario. Sungguh cara yang begitu aneh untuk bermain game ber-genre platform adventure ini.

Wakou menggunakan teknik yang sama layaknya ketika Anda memainkan game ini dengan controller. Ia lebih mengandalkan suara sebagai tolak ukur untuk menggerakkan si karakter Mario. Ia menggunakan sebuah program yang bernama Audio Pad, di mana ia menggunakan microphone PC untuk bisa mendengar tone yang berbeda dari hasil suara suling yang ditiup.

Dari hasil suara suling yang didengar oleh microphone PC ini, nantinya akan diproses untuk mengatur ke directional button di virtual controller yang dibuat olehnya. Cukup canggih namun agak aneh dan sulit untuk dipraktekkan.

Ketika Wakou meniup nada “do”, Mario akan meloncat, ketika meniup nada “mi”, Mario akan turun ke bawah, ketika meniup nada “fa” Mario akan bergerak ke kanan.

Masih banyak teknik yang Wakou miliki untuk bisa mengontrol Mario, kelihatannya memang rumit, namun di video yang diperlihatkan, gamer Jepang ini tampak seru bermain dengan sulingnya dan berusaha konsentrasi agar tidak game over.

Source : tekno.liputan6.com
COMMENT