SHARE THIS ARTICLE
Bumbu & Rempah-Rempah Rahasia Kenikmatan Ramen
(Foto: guestofaguest)

Apakah diletakkan di dapur atau disediakan di meja makan, rempah-rempah dan bumbu adalah pemberi rasa akhir pada semangkuk ramen. Banyak bumbu dan rempah-rempah menjadi rahasia kenikmatan ramen.

Simak bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk ramen, seperti diulas Seriouseats:

Togarashi
Togarashi adalah bubuk cabai Jepang, yang biasanya memiliki dua bentuk. Pertama, ichimi togarashi yang dibuat dari cabai panggang. Dan, kedua adalah nanami togarashi berupa campuran bumbu yang dibuat bersama cabai, yakni kulit jeruk kering, biji wijen, nori alias rumput laut kering, rami, lada sansho, dan jahe. Campuran bumbu ini kemudian disediakan di meja makan untuk diracik sendiri oleh penyantap ramen sesuai seleranya.

Lada sansho
Ini adalah versi lada yang aromatik asal Sichuan, China. Lada sansho lebih umum sebagai bumbu untuk panggang belut, tetapi Anda kadang-kadang bisa menemukannya di meja restoran ramen.

Yuzukosho
Yuzukosho adalah bumbu yang dibuat dengan mengasinkan cabai dan kulit dari yuzu, buah jeruk asal Jepang. Ini digunakan untuk membumbui kaldu dan biasanya ditambahkan di dapur, bukan meja makan.

Minyak bawang putih hitam alias mayu

(Mayu/Foto: seriouseats)
(Mayu/Foto: seriouseats)

Mayu dibuat dengan memasak secara lambat bawang putih dalam minyak wijen. Ini dimasak sampai benar-benar hitam kemudian dicampur bersama. Rasanya sedikit pahit juga manis. Untuk versi rumahan, mayu bisa dimasak dengan bawang putih dicampur minyak kanola netral sebelum dicampur dengan biji wijen untuk membuat rasanya lebih ringan alias kurang pahit.

Lada hitam atau putih
Lada selalu ada dalam masakan Asia, termasuk ramen. Lada hitam untuk rasa pedas lebih tajam dibandingkan lada putih.

Biji wijen
Biji wijen memberi rasa agak pedas pada ramen miso. Bumbu ini dapat ditambahkan utuh, dapat pula ditumbuk halus supaya lebih lancar ketika disantap bersama ramen.

Ninniku-dare
Ini adalah bumbu yang dibuat dari campuran bawang putih yang diparut bersama lemak babi. Rasanya lebih ringan daripada parutan bawang putih murni, dan memberikan rasa lezat pada ramen.

Bubuk kari atau bubuk pasta
Bumbu ini diaduk langsung pada kaldu ramen sebelum koki menambahkan mi. Bubuk pasta ataupun kari merupakan campuran ala kari India, tetapi dengan gaya Jepang. Bumbu ini ditambahkan pada kaldu.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT