SHARE THIS ARTICLE
hina dolls-a-20150124-870x582
Beberapa boneka hina yang besarnya seukuran seorang gadis 4 tahun dipamerkan pada hari Jumat di ruang pameran Hyakudan Kaidan di Meguro Gajoen di Tokyo. (Jiji Press)

Sebuah pameran tahunan boneka hina yang antik, atau boneka-boneka di Doll Festival, telah dimulai di Tokyo, Jepang, yang menghadirkan sekitar 500 boneka, termasuk yang diyakini sebagai boneka yang terbesar dan terkecil dari semua boneka hina vintage yang ada.

Pameran boneka hina keenam telah dimulai pada hari Jumat di ruang pameran Hyakudan Kaidan – yang ditetapkan sebagai aset budaya yang berwujud oleh pemerintah metropolitan Tokyo dan terletak di dalam kompleks ruang perjamuan Meguro Gajoen. Pameran ini menampilkan boneka-boneka dari berbagai prefektur yang menghadap ke Laut Pedalaman Seto: Hyogo, Okayama dan Hiroshima.

Acara ini akan diselenggarakan hingga tanggal 8 Maret.

Boneka-boneka terbesar disebut Kyohobina dan berasal dari sebuah museum sejarah dari keluarga Nozaki, keluarga pembuat garam yang telah lama terbentuk di Okayama. Boneka-boneka tersebut berukuran tinggi 80 sentimeter, atau lebih dari tiga kali rata-rata tinggi boneka hina, dan kira-kira seukuran seorang gadis 4 tahun, menurut pejabat Meguro Gajoen.

Boneka-boneka yang tidak lebih tinggi dari tujuh sentimeter yang dibuat oleh pengrajin terkemuka Heizo Oki dari Kyoto diyakini sebagai yang terkecil dari semua boneka hina vintage yang memiliki bola mata, kata seorang peserta pameran. Boneka-boneka itu dimiliki oleh keluarga Tatsuma di Hyogo, pendiri dari pembuat sake utama Tatsuma-Honke Brewing Co.

Source : the-japan-news.com
COMMENT