SHARE THIS ARTICLE

Saat berlibur ke Tokyo, Jepang, jangan lupa cicipi sushi. Mungkin Anda akan bingung karena di kota tersebut ada sangat banyak pilihan. Selain memilih restoran dengan sushi terenak, Anda juga perlu memperhitungkan bujet Anda.

CNN telah merangkum restoran sushi terbaik di Tokyo sesuai kategorinya. Ada yang murah, mahal, cocok untuk makan siang, santap malam, atau menggunakan conveyor belt.

1. Untuk sarapan: Sushi Dai

sushi tokyo (1)
Foto: Sushi Dai

Terletak tak jauh dari pasar ikan Tsukiji, Sushi Dai menyajikan sushi dengan seafood segar. Tak hanya itu, harganya juga masuk akal.

Menu yang paling populer adalah special course a la chef berisi 10 nigirizushi, satu sushi roll, serta satu nigirizushi pilihan pelanggan dengan harga 3.675 yen (Rp 425.000), sudah termasuk pajak. Namun, untuk mendapatkan tempat duduk di sini, bisa diperlukan waktu dua jam atau lebih!

2. Untuk makan siang: Sushi Saito

Sushi Chef.
Foto: Getty Images

Sushi bar mungil ini terletak di seberang Kedutaan Amerika Serikat di Akasaka. Namun jangan salah, meski hanya berkapasitas tujuh orang, Sushi Saito memiliki tiga bintang Michelin.

Nasinya dibumbui dengan pas, sedangkan seafood-nya enak dan empuk. Bagaimanapun juga, Anda harus membayar karya masterchef sushi Takashi Saito ini dengan mahal. Hidangan makan siangnya 5.500 yen (Rp 635.000), sedangkan makan malamnya 15.000 yen (Rp 1,733 juta).

3. Harga sepadan: Fukuzushi

sushi tokyo (5)
Foto: Fukuzushi

Berbeda dengan kebanyakan restoran sushi yang sempit di Tokyo, Fukuzushi yang berdiri sejak 1917 menempati lahan luas di Roppongi. Restoran ini sering dikunjungi selebriti terkenal. Sang masterchef, George Fukuzawa, membumbui setiap potong nigirizushi dengan wasabi dan shoyu yang pas, sehingga Anda tak perlu menambah lagi.

Bahkan, ia memotongkan nigirizushi menjadi dua untuk pelanggan wanita agar tak susah mengunyah. Hidangan makan siang bisa dinikmati dengan harga 2.625 yen (Rp 303.000), sedangkan makan malam 6.300 (Rp 728.000) atau 8.400 yen (Rp 971.000).

4. Conveyor belt: Sushi Zanmai

sushi tokyo (3)
Foto: Getty Images

Sushi Zanmai memiliki sekitar 30 cabang dan buka 24 jam setiap hari. Beberapa gerainya menggunakan conveyor belt. Dibanding restoran sushi lain di daftar ini, Sushi Zanmai termasuk yang paling terjangkau.

Anda bisa menikmati makan siang dengan membayar 1.554 yen (Rp 180.000), sudah termasuk salad dan sup miso. Cocok bagi pemula makan sushi yang tak mau berisiko mengeluarkan uang terlalu banyak.

5. Kelas atas: Sushi Mizutani

sushi tokyo (4)
Foto: Getty Images

Jika Anda pecinta sushi dan uang bukan masalah, datanglah ke Sushi Mizutani di lantai sembilan gedung Juno di Ginza.

Sushi bar tradisional ini mendapat tiga bintang Michelin. Di dalamnya hanya ada 10 tempat duduk, sehingga Anda perlu memesan tempat berbulan-bulan sebelumnya. Berapa harga menu spesialnya? 15.000 yen (Rp 1,733 juta) saat makan siang dan 20.000 yen (Rp 2,311 juta) untuk santap malam.

COMMENT