SHARE THIS ARTICLE

Antusiasme masyarakat memilih di luar negeri memang di luar prediksi. Para WNI di berbagai negara berdatangan ke TPS. Tak terkecuali WNI di Tokyo, Jepang.

pemilu tokyo (1)

Sejumlah masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Community Japan (ICJ), Senin (7/7/2014) menyampaikan hasil exit poll yang mereka lakukan terkait Pilpres di Tokyo lewat surat elektronik.

Hasil exit poll dari Tokyo menunjukkan 74,0% pemilih mendukung pasangan Jokowi-JK, dan 17,3% memilih Prabowo-Hatta. Sementara itu, 8,7% tidak menjawab,” demikian siaran pers dari pengurus Indonesian Community in Japan (ICJ), Ari Tamat.

Ari menjelaskan, ICJ adalah sebuah organisasi masyarakat Indonesia di Jepang yang melaksanakan Exit Poll (jajak pendapat langsung pasca pemilihan) di TPSLN Sekolah Republik Indonesia Tokyo pada tanggal 6 Juli 2014.

Sedang perhitungan suara resmi akan diadakan pada tanggal 9 Juli, sedangkan suara yang diterima lewat pos dari daerah-daerah lain di Jepang direncanakan pada tanggal 12 Juli. Warga Indonesia di Jepang diperkirakan berjumlah 25.000 orang.

pemilu tokyo (2)

Menurut KPU, jumlah pemilih yang mencoblos di TPSLN Tokyo ini adalah 953 orang,” imbuhnya.

Ari menjelaskan, metodologi survei responden yang meninggalkan TPS dipilih secara acak dan ditanya apakah mereka sudah memberi suara. Jika responden belum memilih, survei tidak dilanjutkan. Responden memberi suara dengan memilih jawabannya secara anonim pada tablet digital, dan jawabannya tidak dilihat oleh petugas survei.

Dari total 634 orang yang memberi jawaban (66.5% dari pemilih yang terhitung oleh KPU), diantaranya 469 orang memilih pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, 110 orang memilih Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, dan sisanya yakni 55 orang memilih tidak menjawab atau memilih “Lainnya”. Survei dilakukan di luar TPSLN Sekolah Republik Indonesia di Tokyo pada tanggal 6 Juli dari jam 08:30 s/d 18:00 waktu setempat. Survei dikoordinasi oleh Andhi Marjono dan dibantu oleh lima orang staf.

COMMENT