SHARE THIS ARTICLE

Bagi kalian ingin mempunyai pasangan seperti yang diharapkan, baik itu artis terkenal maupun seseorang yang tak bisa dimiliki karena sudah meninggal. Profesor Hiroshi Ishiguro akan mewujudkannya dengan menghadirkan boneka seks atau yang dikenal Android Asuna, sebuah robot yang mempunyai kemiripan seperti manusia.

Robot wanita (Genius Beauty)
Robot wanita (Genius Beauty)

Asuna yang diciptakan oleh Prof Ishiguro bukan sembarang robot. Bukan hanya tampilan yang menyerupai manusia, melainkan secara berbahasa pun bisa di-setting sehingga mampu berbicara alamiah yang dapat memukai lawan bicaranya.

CEO A-Lab, Takeshi Mita mengatakan perusahaannya akan menyempurnakan sebuah robot pertama di dunia, yakni Geminoid, dalam kurun 10 tahun ke depan dengan sejumlah teknologi mutakhirnya. Ini akan membuat robot hampir tidak bisa dibedakan dengan manusia. Dalam penyempurnaan tersebut, Mita bekerja sama dengan Prof. Ishiguro yang membuat Asuna.

Kami sudah memiliki pengalaman 20 tahun membuat android di laboratorium. Jadi, dalam 10 tahun ke depan manusia bisa menikah dengan AI (Kecerdasan Buatan atau disebut juga dengan robot). Dalam waktu dekat, kehidupan seperti geminoid akan menuju kesempurnaan,” ujar Mita kepada Daily Mail, Jumat 21 November 2014.

Saat ini, Mita melanjutkan A-Lab sedang memfokuskan diri untuk menyempurnakan kulit, ekspresi wajah, dan lainnya. Selain itu juga, mereka sedang mencari akal untuk membuat seperti lengan dan dada yang terlihat alami.

Robot rancangan Prof. Ishiguro tersebut mendapat respon baik dari publik setelah memamerkan Asuna di hadapan mereka. Pasalnya, Asuna dapat melakukan selfie dengan manusia lainnya. Namun, sebelum selfie, Asuna terlihat membungkukkan diri, tanda meminta dengan sopan untuk ikut bergabung dan ber-selfie.

Tak hanya menciptakan robot saja, Mita mempunyai keinginan terpendam kepada robot rancangannya hasil kerja sama dengan Prof. Ishiguro dapat melakukan pekerjaan yang membuat robot tersebut terkenal.

Salah satu aplikasi yang kita miliki adalah untuk mengubah dirinya menjadi idola pop internasional,” ungkapnya.

Namun, menurut juru bicara yang bekerja pada laboratorium milik Prof. Ishiguro mengatakan aktris bukanlah tujuan pertama dari pembuatan robot, melainkan robot tersebut dapat bercinta dengan manusia mengingat kemajuan dalam robotika dan teknologi kulit silikon.

Hubungan fisik akan mungkin secara umum dengan robot android tersebut. Robot Android untuk industri seks mungkin saja. Beberapa orang bahkan telah jatuh cinta dengan geminoid kepunyaan Ishiguro. Jadi, kita tidak bisa mengesampingkan hasrat hubungan tersebut,” kata Takahashi Komiyama.

Source : republika.co.id
COMMENT