SHARE THIS ARTICLE

Bagi penggemar kuliner Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan Yokan, salah satu hidangan penutup yang biasanya terbuat dari kacang merah dan agar-agar. Karena teksturnya yang lebih tebal, yokan bisa digambarkan sebagai suatu makanan di antara kue dan jelly.

Image source: en.rocketnews24.com
Image source: en.rocketnews24.com

Makanan penutup ini memiliki sejarah di Jepang selama berabad-abad yang lalu. Kini, sebuah toko di selatan Jepang mengeluarkan sebuah menu yang menggabungkan dari sisi modern yang memukau dengan sentuhan jazz pada hidangan tradisional yang manis ini.

Dengan membuat yokan dengan bentuk piano, toko kue Creeks ini menamai yokan-nya Jazz Yokan. Hanya dengan melihatnya saja, mungkin akan membuat orang ingin bermain musik.

Selain menjual yokan piano, toko ini merupakan gabungan dari toko barang-barang kuno, kafe, dan galeri yang berlokasi di Yufuin District di Oita Prefecture, di selatan pulau Kyushu sebuah daerah yang terkenal dengan pemandian air panasnya serta pemandangan yang menakjubkan dari Gunung Yufu.

Toko ini juga terlibat banyak dalam upaya untuk mempromosikan kegiatan musik lokal, seperti mengundang musisi ke Yufuin, dan mereka ingin membuat makanan penutup yang menyenangkan dan bertema musik maka terciptalah Jazz Yokan ini.

Rupanya, untuk menyelesaikan hidangan ini mereka membutuhkan waktu hingga 10 bulan karena mereka ingin yokan ini tidak hanya enak dilihat tapi juga rasanya harus lezat dan dapat dinikmati di berbagai situasi. Dan tentu saja mereka ingin menciptakan yokan dengan bentuk piano yang tepat.

Setiap yokan yang dibuat merupakan buatan tangan oleh seorang chef profesional di Jepang, jadi jika diperhatikan dengan teliti, setiap yokan memiliki penampilan dan detail yang berbeda. Selain itu, rasa dan tekstur Jazz Yokan juga sedikit berbeda karena mengandung buah ara kering yang sudah direndam dalam anggur.

Source : dreamersradio.com
COMMENT