SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang, manga dibaca oleh berbagai kalangan masyarakat. Dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak sekali dari mereka yang menggemari manga. Beberapa judul manga yang populer disana dapat dicetak dengan sangat banyak, bahkan manga-manga tersebut diterjemahkan dan dikirim ke berbagai penjuru dunia.

Ini pertanyaannya. Berapa penghasilan rata-rata tiap tahun dari mangaka yang manganya menuai kesuksesan di Jepang dan di luar Jepang?

Untuk mengetahui jawabannya, ada sebuah data yang ditemukan yang mencatat penghasilan pertahun beberapa mangaka kelas atas di Jepang (dalam dolar Amerika Serikat).

Manga paling populer karyanya-Nama mangaka-Penghasilan pertahun

“Dragon Ball” Akira Toriyama  17,9 juta dolar

“Yu-Gi-Oh!” Kazuki Takahashi  6,2 juta dolar

“Doraemon” Fujiko F. Fujio  5,5 juta dolar

“Fullmetal Alchemist” Hiromu Arakawa  5,4 juta

“Naruto” Masashi Kishimoto  4,5 juta dolar

“The Prince of Tennis” Takeshi Konomi  4,2 juta dolar

“One Piece” Eiichiro Oda  4 juta dolar

Apakah data di atas membuat Anda ingin mulai membuat manga?

Hal terpenting yang harus diketahui adalah betapa sulitnya untuk menjadi mangaka terkenal di Jepang, karena sangat banyak orang yang ingin berprofesi menjadi mangaka. Dan kalaupun seseorang telah memenangi sebuah kontes manga, ia harus berjuang melawan deadline mingguan yang menyebabkan kurang tidur, dan tentunya ia harus dapat memenuhi pengharapan dari pembaca dengan usia yang berbeda-beda, jika tidak maka karya yang gagal biasanya akan berakhir dalam beberapa bulan saja. Jadi mangaka dalam daftar di atas itu adalah mereka yang terbaik dari yang terbaik di percaturan manga dunia.

sumber : japanstyle.info

COMMENT