SHARE THIS ARTICLE

Soal hantu, ternyata bukan hanya monopoli orang-orang Indonesia saja. Cerita hantu juga populer di negara-negara lain tak terkecuali di Jepang. Jepang yang masyarakatnya sudah sangat maju juga mempercayai adanya roh halus tak kasat mata. Salah satu tempat yang dipercaya sebagai fokus persemayaman hantu-hantu ialah Pulau Gunkanjima di perairan Jepang.

Pulau gunkajima jepang2

Pulau terpencil ini memang sangat sepi dan diselimuti dengan misteri. Kesunyian tempat ini berpadu dengan bangunan tua yang lusuh tak terawat. Menyadari betapa berpotensinya pulau ini; baik dari sisi keindahan atau panorama alamnya maupun kisah mistisnya pemerintahpun akhirnya memutuskan untuk membuka pulau ini untuk para wisatawan sejak April 2009 silam.

Pulau gunkajima jepang3

Pulau ini menyimpan ribuan misteri yang masih tersimpan rapat. Soal namanya, diambil dari kata yang artinya “kapal perang” (makna gunkan). Pulau ini memiliki makna keseluruhan sebagai ‘pulau kapal perang’. Jika diamati seksama memang bentuknya menyerupai kapal perang. Bekas tambang batu bara ini sangatlah tepat untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata misteri untuk menguji nyali dan menantang keberanian.

Perjalanan ke sini

Jika Anda ingin mengunjungi Gunkajima ini maka rute yang akan dilalui sebagai berikut;

  1. Perjalanan dimulai dari Nagasaki yang akan menghabiskan waktu sekitar 50 menit dengan menggunakan perahu.
  2. Sebelum menuju Gunkajima sebaiknya Anda tidak melepaskan kunjungan ke Taman Perdamaian Nagasaki yang merupakan taman peringatan kepada sekitar 80 ribu warga sipil yang tewas 9 Agustus 1945.
  3. Tidak mudah untuk menjangkau pulau berhantu ini karena Anda dan pengunjung lainnya wajib melaporkan ke pihak pemerintahan Nagasaki. Atau Anda juga bisa berangkat dengan perusahaan pelayaran swasta dari pelabuhan Nagasaki.
  4. Ketika sudah mencapai pulau maka Anda akan mendapatkan pemandangan berupa blok apartemen yang hancur, kantor polisi, sekolah, dan infrastruktur lainnya. Begitu juga dengan sisa-sisa bangunan bisnis swasta seperti kafe dan bioskop.

Pulau gunkajima jepang4

Saking terkenalnya, pulau ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi sebuah film Battle Royale II. Tak sekadar itu, film tenar lainnya yakni James Bond Skyfall juga menggunakan pulau ini sebagai latarnya.

COMMENT