SHARE THIS ARTICLE

Bagi para otaku atau anime lovers pasti tahu Hatsune Miku, kan? Ya, artis perempuan yang cantik, imut, dan juga pintar bernyanyi ini telah berhasil memukau banyak orang Jepang untuk menonton konsernya. Oh tunggu dulu, bukan hanya Jepang saja tapi kini telah merambah berbagai negara juga, buktinya adalah kita yang juga sedang membicarakannya saat ini.

vocaloid_artists

Tahukah Anda kalau konser Hatsune Miku ini sebenarnya hanyalah salah satu bagian dari berbagai jenis promosi Vocaloid, sebuah software synthesizer untuk menghasilkan berbagai suara vocal yang diciptakan oleh perusahaan Audio yang telah mendunia, Yamaha.

Kini produk besutan perusahaan audio yang juga berasal dari Jepang ini telah menjadi primadona baru dalam industri kreatif dan hiburan. Berkat kepopulerannya tersebut, brand awareness perusahaan dan penjualan software-nya terus meningkat. Berkaca dari kesuksesan Vocaloid, ada banyak hal yang bisa kita pelajari bagaimana perusahaan tersebut dapat membuat produk yang sukses di pasaran:

Vocaloid Menjawab Keinginan Pasar

Ingat, bisnis apapun pasti akan segera menemukan jalan kesuksesannya ketika dapat menjawab salah satu di antara 2 hal ini, yaitu kebutuhan atau keinginan pasar. Vocaloid memasuki pasar Jepang yang kebanyakan adalah otaku. Banyak otaku di Jepang yang selalu memimpikan tokoh anime idolanya dapat benar-benar hidup di dunia nyata, salah satu contohnya adalah populernya cosplay di kalangan otaku. Ketika Vocaloid disajikan dalam bentuk karakter anime yang dapat hidup dan bernyanyi di dunia nyata, maka sebagian besar otaku langsung segera menerimanya karena hal ini seakan-seakan seperti sebuah jawaban untuk mengisi kekosongan jiwa mereka.

Vocaloid Mengadopsi Teknologi Terkini

Perkembangan teknologi membantu hidup kita menjadi lebih efisien. Hal ini berlaku juga dalam bisnis. Yamaha menciptakan sebuah produk dengan memadukan karya seni suara dengan teknologi komputer terkini. Tidak berhenti sampai situ saja, dalam penetrasi pasarnya Yamaha banyak menggunakan teknologi terkini sehingga pemasarannya sangat efisien. Apapun bisnis kita jika dipadukan dengan teknologi terkini maka hasilnya akan menjadi lebih efisien.

Vocaloid Terus Berinovasi dengan Cara Berkolaborasi

Hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun, telah bermunculan banyak sekali karakter suara Vocaloid. Selain itu Yamaha sendiri juga terus berkolaborasi dengan berbagai komposer, artis, animator dan berbagai komponen dunia hiburan lainnya untuk menciptakan inovasi baru. Dari kolaborasi inilah lahir berbagai jenis karya seni inovatif yang akhirnya membuat Vocaloid semakin populer di masyarakat. Inovasi merupakan cara untuk menjaga konsumen agar tidak cepat bosan sehingga bisnis / produk apapun dapat tetap bertahan di pasar. Sedangkan kolaborasi merupakan salah satu cara tercepat untuk menghasilkan banyak inovasi.

Jadi jika  disimpulkan kembali, bisnis apapun bisa sukses asalkan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Lalu untuk membuat hal-hal menjadi efisien, adopsi teknologi terkini. Terakhir, berkolaborasi dengan banyak pihak dapat melahirkan inovasi lebih cepat dan lebih banyak sehingga bisnis kita dapat tetap bertahan.

[Photo Credit: Yamaha]

COMMENT