SHARE THIS ARTICLE

Apa yang akan terjadi ketika kalian meminta desainer mobil-super untuk merancang kereta super mewah? Ajaib, jika dilihat dari gambaran yang telah dirilis oleh perusahaan kereta api Jepang JR East.

d1 140707094728-1-japan-luxury-train-1-horizontal-gallery

Ken Okuyama, lahir di Yamagata, yang sudah sangat dikenal dalam lingkup desain automobil, direkrut untuk merancang Cruise Train terbaru dari perusahaan tersebut yang rencananya akan diluncurkan pada musim semi 2017.

Dengan kapasitas maksimum 34 penumpang, Cruise Train akan membawa 10 gerbong yang terdiri dari 5 suite, 1 deluxe suite, 2 gerbong berdinding kaca, serta gerbong makan dan lounge.

d4 140707113427-3-japan-luxury-train-horizontal-gallery

Okuyama telah bekerja sebagai kepala desain untuk General Motors, desainer senior untuk Porsche AG dan direktur desain untuk Pininfarina, perusahaan dibali Ferrari Enzo dan Maserati Quattroporte. Menurut perusahaannya, Ken Okuyama Design, dia ingin menciptakan kereta yang membuat penumpangnya “menghargai aliran ruang dan waktu,”, sambil menikmati pemandangan dan budaya Jepang selama perjalanan.

Salah satu fitur unik dalam kereta ini adalah gerbong observasi di bagian depan kereta, yang membuat penumpang dapat melihat jalur kereta didepannya. Gerbong observasi lainnya ada di bagian belakang kereta.

d2 140707102530-2-japan-luxury-train-horizontal-gallery

JR Rail mengatakan kereta tersebut akan diisi dengan furnitur yang menggambarkan keagungan budaya tradisional Jepang. Misalnya saja lounge, akan dihiasi dengan pola kurva yang anggun dan menampilkan dekorasi yang terinspirasi dari pepohonan.

d5 140707115906-5-japan-luxury-train-horizontal-gallery

d6 140707121229-6-japan-luxury-train-horizontal-gallery

Semua suite akan memiliki kamar mandi pribadi dengan shower dan toilet, tapi di atas ruang tidur deluxe suite yang diisi oleh 4 orang, terdapat lantai terpisah. Di bagian bawah ada 2 tempat tidur double, dan di bagian atas ada ruang makan bergaya Jepang dengan kursi yang menjadi satu dengan lantai.

d3 140707113550-4-japan-luxury-train-horizontal-gallery

Kereta ini akan berjalan di rel elektrik dan non elektrik.

Tak sabar menunggu hingga 2017?

Cruise Train dari JR East ini bukanlah kereta Jepang pertama yang memiliki jalur super mewah. Kereta Seven Stars dari JR Kyushu yang menampilkan elemen desain ala Jepang dan Barat, sudah terlebih dulu menyentuh rel pada musim gugur 2013. Kereta yang satu ini hanya berjalan di pulau Kyushu saja dan memiliki 14 kamar tamu mewah, 2 deluxe suite, 3 presidential suite, gerbong lounge, gerbong makan dan bar. Penumpang dapat memilih antara paket perjalanan 2 atau 3 hari. Nama “Seven Stars” merepresentasikan 7 prefektur di Kyushu, 7 gerbong kereta, dan 7 atraksi wisata utama di pulau tersebut (alam, kuliner, pemandian air panas, sejarah/budaya, spiritual, keramahan lokal, dan sightseeing). Mereka yang ingin naik Seven Stars ini harus mendaftar secara online. Harganya mulai 180.000 yen ($1.785) per-orang untuk perjalanan selama 2 hari. Tak ada sistem “siapa cepat dia dapat” disini. Perusahaan tersebut berkata jika jumlah peminat melebihi kapasitas, maka akan diadakan undian untuk memilih penumpang.

COMMENT