SHARE THIS ARTICLE

Setiap negara memiliki budaya dan kebiasan yang berbeda, begitupula dengan Jepang, negara di mana masyarakatnya memiliki budaya rasa malu dan balas budi yang tinggi. Begitupula dengan mengatakan “Tidak.” Di Jepang menolak ajakan seseorang tidak semudah seperti yang kita pikirkan. Supaya tidak dianggap aneh, kita pun harus tahu kebiasaan ataupun budaya yang mereka anut. Yuk kita cari tahu lebih banyak tentang kebiasaan di Jepang, salah satunya cara mengatakan “tidak”!

1. Tidak mengatakannya secara langsung

Ketika orang Jepang mengatakan “Sulit” atau “Saya tidak yakin,” itu berarti secara tidak langsung mereka mengatakan “tidak” atau menolak ajakan kalian. Tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, namun mungkin sangat berbeda dengan budaya barat yang tidak jadi masalah jika menolaknya secara langsung.

2. Menggunakan kata maaf

Ketika ingin menolak permintaan dari orang lain dengan cara yang halus, hendaknya menggunakan kata atau ungkapan, “gomen nasai.” Di Jepang, jika seseorang mengundang kalian untuk pergi ke suatu tempat dan kalian tidak ingin pergi, maka mereka akan mengatakan “gomen nasai,” yang berarti maaf.

3. Berbohong dengan baik

Untuk yang satu ini, bukan hanya masyarakat Jepang saja, sepertinya semua orang pun pernah melakukannya. Pasti banyak di antara kalian yang mengatakan sedang sakit atau lagi ada acara keluarga untuk menolak ajakan seseorang, terutama ajakan dari pacar yang meminta kalian untuk menemaninya berbelanja. Begitupun di Jepang. Tapi jangan sampai ketahuan ya!

(All images: wasa-bi.com)

Source : wasa-bi.com
COMMENT