SHARE THIS ARTICLE

Pemerintah Jepang akan memutuskan peraturan yang membebaskan visa kunjungan wisatawan asal Indonesia. Apabila semuanya berjalan lancar, bebas visa ke Jepang kemungkinan baru akan berlaku mulai September.

Apabila disahkan Juni mendatang setidaknya tiga bulan kemudian bisa dilaksanakan. Berarti September mendatang wisatawan Indonesia bisa bebas masuk ke Jepang dengan mudah,” kata Richard Susilo, Koordinator Forum Ekonomi Jepang-Indonesia kepada Kompas.com, Selasa (15/4/2014) malam.

Ia mengatakan, Pemerintah Jepang menyatakan bahwa koalisi saat ini sedang menggodok usulan bebas visa tersebut dan dijadwalkan Juni nanti baru ada keputusan. Sejak keputusan diambil biasanya membutuhkan jeda persiapan paling cepat tiga bulan, umumnya antara 6 bulan hingga setahun.

1446486pameranjepangg780x390
Permainan merupakan daya tarik yang cukup kuat dalam pameran pariwisata internasional JATA Travel Showcase 2013 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, pertengahan September lalu. Bandar Udara Narita, Tokyo, pada pameran itu mengadakan permainan yang membuat pengunjung menjadi paham tentang apa saja yang harus dilakukan di bandara jika bepergian ke luar negeri. Salah satunya, yakni tentang penstempelan paspor.

Seperti diberitakan sebelumnya, upaya ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari Asia Tenggara. Jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang tergolong tinggi hampir 140.000 orang tahun lalu.

Menurut Richard, Pemerintah Jepang membidik wisatawan Muslim dari Indonesia. Saat ini sudah banyak obyek wisata yang mendukung kunjungan kalangan Muslim di Jepang. Kalangan industri pariwisata di Jepang juga telah menyesuaikan diri dengan kebutuhan wisatawan muslim.

Jepang menargetkan jumlah wisatawan naik dari 10 juta menjadi 20 juta orang per tahun menyambut Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Source : travel.kompas.com
COMMENT