SHARE THIS ARTICLE

Pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2014 yang lalu, ratusan orang  berkumpul di Jakarta Convention Center  (JCC) untuk menyaksikan acara Waku Waku Japan Music Festival yang merupakan puncak dari rangkaian acara launching Channel Televisi “Waku Waku Japan”. Waku Waku Japan Music Festival ini dimeriahkan oleh artis-artis terkenal baik dari tanah air seperti Afgan, Bunga Citra Lestari dan JKT48 serta band rock ternama asal Jepang, “Flumpool”.

Waku Waku Japan sendiri adalah sebuah Channel Televisi yang menyajikan acara-acara televisi budaya pop Jepang yang dikemas secara khusus untuk para pemirsa Indonesia yang akan tayang 24 jam dalam sehari dan 365 hari dalam setahun. Waku Waku Japan akan tayang perdana di televisi kabel indonesia mulai tanggal 22 Februari 2014.

Waku Waku Japan Music Festival dibuka dengan penampilan menawan dari JKT48 dengan langsung menyanyikan 3 single andalan mereka “Musim Panas Sounds Good”, “Ponytail to Chou Chou” dan  “River”. Sontak teriakan suara “chant” ratusan fans yang ada Cendrawasih Hall JCC pun bergemuruh memenuhi ruangan. Setelah menyanyikan lagu MC masuk dan berbincang tentang kesan acara favorit para member JKT48 ini. Dalam sesi ini MC memperkenalkan JKT48 sebagai bintang iklan dari “Waku Waku Japan”. Di akhir sesi Haruka Nakagawa (member JKT48) yang di daulat sebagai partner MC berpesan kepada penonton untuk jangan meninggalkan stage sebelum acara berakhir karena akan ada penampilan khusus dari JKT48.

Waku_Waku_Festival_04

Setelah penampilan sesi pertama dari JKT48, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Afgan. Sebelum tampil, Afgan sempat berbincang dengan MC yang menyatakan bahwa dia suka segala sesuatu yang berhubungan dengan Jepang. Penyanyi solo ini berhasil membius para wanita yang ada di dalam ruangan dengan tembang-tembang hitsnya. Tak kurang dari 6 lagu dia nyanyikan bersama dengan fans. Dia Dia Dia, Terima Kasih Cinta, Bawa Pergi Cintaku, dan Jodoh Pasti Bertemu sukses membuat ruangan menjadi galau. Dalam penampilannya Afgan menyanyikan 1 lagu milik Bryan Mcknight berjudul One last Cry yang menyihir suasana seisi Cendrawasih Hall menjadi sendu. Di akhir penampilannya pria 24 tahun mengajak penonton bernyanyi dan bergoyang bersama lewat lagunya yang berjudul Panah Asmara. Riuh tepuk tangan penonton mengiringi Afghan turun panggung.

Pengisi acara selanjutnya, Bunga Citra lestari langsung ambil bagian dalam memeriahkan Waku Waku Japan Music Festival. Lagu dengan judul “HOT” dan “Cinta Pertama (Sunny)” langsung membuat seisi ruangan menari dan bernyanyi bersama. Di sela-sela penampilannya Bunga Citra Lestari yang biasa dipanggil (BCL) mengucapkan selamat atas diluncurkannya saluran TV Waku Waku Japan, semoga dengan saluran TV ini Indonesia dan Jepang bisa terus menerus saling bertukar budaya. Empat lagu berturut-turut “Jangan Gila”, “Cinta Sejati”, “Aku dan Dirimu” dan “Karena Kucinta Kau” dinyanyikan ibu cantik satu anak tersebut bersama senandung penonton yang mengiringinya meninggalkan panggung.

Waku_Waku_Festival_07

Pengisi acara utama Waku Waku Japan Music Festival yang ditunggu ratusan fans pun akhirnya muncul. Flumpool langsung menghentak seluruh ruangan dengan lagunya yang berjudul “Kakusei Identity” yang kontan membuat seluruh penonton melompat kegirangan. Setelah lagu tersebut band yang digawangi oleh Ryuta (vocals, gitar), Kazuki (gitar), Genki (bass) dan Seiji (drums) diperkenalkan oleh sang vokalis sambil berbincang dengan para fans menggunakan bahasa Indonesia. Ryuta mengucapkan “Selamat malam Jakarta? Kalian bersenang-senang?” yang langung disambut dengan teriakan histeris para fansnya. Kazuki pun tak mau kalah, pria satu ini bertanya ke penonton “Kalian mau lagi?” “Cius? Miapah?” pria yang satu ini sempat memperkenalkan dirinya sebagai Joe Taslim (aktor laga Indonesia) yang langsung ditimpali Ryuta bahwa dia adalah Doraemon. Mendengar hal tersebut Kazuki secara spontan mengucapkan “Baling baling bambu” yang membuat seisi ruangan tertawa terbahak-bahak. Show dilanjutkan dengan single pertama mereka “Mirai Kanai” yang langsung disambung 2 lagu secara maraton. Di pertengahan penampilan mereka, Ryuta membaca selembar kertas yang isinya ungkapan mereka dalam bahasa Indonesia. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih kepada Waku Waku Japan atas undangannya sehingga mereka dapat bertemu dengan fansnya di Indonesia. Akan tetapi mereka tidak tahu kapan akan bisa kembali ke Indonesia lagi.

Penampilan grup band yang sudah terbentuk sejak 2007 ini semakin meriah dengan lagu mereka “Hoshi ni Negai wo” yang membuat para fansnya melompat lebih gila. Suasana semakin pecah saat Flumpool menyanyikan lagu terakhirnya “Kimi no Todoke” dengan mengajak fansnya berteriak dan bernyanyi bersama. Lagu “Kimi no Todoke” ini merupakan soundtrack dari drama ternama Jepang yang berjudul sama dengan lagu tersebut. Di akhir penampilan mereka, keempat personil ini berpamitan dan minta maaf karena tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik yang kemudian berjanji jika mereka kembali berkunjung ke Indonesia akan berbahasa Indonesia yang lebih baik.

Seperti yang dijanjikan di awal, akan ada kejutan dari JKT48 setelah penampilan dari Flumpool. Dan ternyata benar, setelah Flumpool meninggalkan panggung 16 gadis ini menyanyikan single terbaru mereka untuk pertama kali di Indonesia yang berjudul “Flying Get” yang merupakan lagu yang digunakan dalam iklan TV Waku Waku Japan. Sontak penonton pun riuh dan bergembira dengan kejutan tersebut. Sebagai lagu penutup, JKT48 menyanyikan “Koisuru Fortune Cookies” yang membuat acara semakin meriah.

Tembakan confetti raksasa di akhir acara bersama JKT48, MC (Sophie Navita) dan Flumpool.
Tembakan confetti raksasa di akhir acara bersama JKT48, MC (Sophie Navita) dan Flumpool.

Di akhir acara, MC & Haruka meminta penonton untuk meneriakkan yell “Waku Waku Japan” secara bersama-sama yang dibarengi dengan tembakan confetti raksasa sebagai tanda penutup acara Waku Waku Japan Music Festival.

Berikut adalah beberapa foto dari serunya acara Waku Waku Japan Music Festival:

waku2jpn (1)
stan foto bersama Ultraman
waku2jpn (2)
Antrian dan Spanduk Waku Waku Japan
waku2jpn (3)
Foto antrian barisan
waku2jpn (4)
Situasi panggung sebelum mulai acara
waku2jpn (5)
Penampilan pertama JKT48
waku2jpn (6)
Penampilan pertama JKT48
waku2jpn (7)
Afgan diwawancarai bersama Sophie Navita dan Haruka JKT48
waku2jpn (9)
Penampilan Afgan
waku2jpn (10)
Penampilan BCL
waku2jpn (11)
Penampilan BCL

waku2jpn (13)
Genki – bassis
waku2jpn (14)
Ryuta – Vokalis dan Gitaris
waku2jpn (15)
Kazuki – Gitaris – mengaku sebagai Joe Taslim di foto ini –
waku2jpn (16)
Seiji – Drummer
waku2jpn (17)
Flumpool diwawancarai untuk yang terakhir kalinya
waku2jpn (18)
Yel yel penutupan acara oleh JKT48 Sophie Navita dan Flumpool

Reported by: Gesang

Photos by: Gesang & Fredy

COMMENT