SHARE THIS ARTICLE

Paskah tidak begitu dikenal bagi sebagian besar orang Jepang, terutama bila dibandingkan dengan perayaan Barat lainnya, seperti Natal, Hari St. Valentine atau Halloween. Kata Jepang untuk Paskah adalah, “fukkatsusai (復活祭)”, meskipun, “iisutaa (イースター)”, yang merupakan representasi fonetik dari kata bahasa Inggris, Easter, juga sering digunakan. “Fukkatsu” berarti “kebangkitan” dan “sai” berarti “festival”.

Jepang bukan negara Kristen, tapi mereka masih mencoba untuk merayakan Paskah di beberapa tempat, meskipun sebagian besar orang Jepang tidak tahu Paskah itu tentang apa.

Di Jepang, Paskah tidak begitu dikenal dengan baik karena hanya satu persen dari penduduk di sana yang merupakan Kristen, tetapi mereka yang sebanyak satu persen tersebut merayakannya. Hidangan Paskah di Jepang telah dipengaruhi oleh budaya Barat. Ada tampilan berbagai hadiah Wagashi yang dibentuk menjadi bola dengan telinga kelinci dan telur-telur yang dihiasi. Cangkir-cangkir berbentuk telur berwarna pink, biru dan kuning diisi dengan kacang jeli dan es krim yang lezat, dan anak-anak di sana menyukainya. Ada beragam umat beragama di negeri Sakura tersebut dan layanan Paskah berlangsung di gereja-gereja. Acara Multikultural berlangsung di gereja-gereja di Jepang. Acara warisan budaya Jepang, Korea, Inggris dan Vietnam semua dirayakan di gereja-gereja.

easter japan (3)

Ketika layanan gereja dihadiri di Jepang pada hari Paskah, Anda akan menemukan layanannya diucapkan dalam berbagai bahasa. Sama seperti teman-teman mereka Barat, di Jepang anak-anak menyukai membawa keranjang Paskah dan berburu telur. Cabang-cabang bunga sakura menghiasi rumah-rumah di Jepang dan mereka juga memiliki festival dan makanan Paskah. Piknik pada hari Paskah juga menjadi hal yang umum di sana.

Sejak tahun 2010, Disney telah menggelar acara Disney Easter Wonderland yang melibatkan parade dan berburu telur.

easter japan (1)
Festival Easter Wonderland di Tokyo Disneyland

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Trend Souken, kesadaran tentang apa itu Paskah tertinggi terdapat di antara kaum wanita. Dalam sebuah survei terhadap 300 orang berusia 20-an dan 30-an, 49 persen wanita mengatakan mereka memiliki beberapa ide tentang apa itu Paskah, dibandingkan dengan hanya 37 persen kaum pria. Namun, apa yang mereka pikirkan tentang itu telah jauh lebih berkaitan dengan pesan Disney daripada makna religius dari Paskah. Ketika ditanya apa yang muncul dalam pikiran ketika mereka mendengar kata “Paskah,” 89 persen menjawab “telur.” Item lainnya adalah “lukisan telur warna-warni” (64 persen); “Musim semi” (46 persen); “Kelinci” (32 persen); dan “berburu telur” (25 persen).

easter japan (4)

Meskipun terdapat potensi bagi Jepang, atau setidaknya di kota-kota utamanya, untuk mengadopsi Paskah dengan cara yang sama yang telah dilakukan Halloween, bersama dengan semua peluang penjualan lezat yang datang bergandengan tangan dengan perayaannya, berbagai perusahaan domestik belum berada di balik kemudinya. Disney memimpin dalam mendorong perayaan ini, diikuti oleh kampanye Wonderful Easter oleh Baskin Robbins, yang menawarkan es krim Paskah yang hadir dalam cangkir berbentuk telur dan dua es krim dengan rasa khusus Paskah.

Selamat Paskah bagi yang merayakan!

Photo sources:
http://tenchithoughts.blogspot.com/2012/04/japan-trip-2011-revisted-tokyo_08.html
http://www.goukaseishi.com/2011/04/24/japan-easter/
http://matome.naver.jp/odai/2138884847782400101

Sources :
COMMENT