SHARE THIS ARTICLE

Kaya budaya dan dipenuhi kuliner lezat, Jepang jadi salah satu negara yang diburu banyak turis. Saking semangatnya, terkadang ada benda-benda yang seharusnya dibawa, justru tertinggal di kota asal.

Salah satu kuil di Kyoto, Jepang (japan-guide.com)
Salah satu kuil di Kyoto, Jepang (japan-guide.com)

Dilongok dari Lonely Planet, inilah 5 benda yang sebaiknya dibawa ke Jepang, namun seringkali terlupakan wisatawan:

1. Kantung sepatu

Jepang memiliki kebiasaan melepas sepatu sebelum masuk ke dalam ruangan. Saat berkunjung ke kuil, museum atau tempat wisata lainnya, biasanya mereka meminta turis untuk melepas sepatu di depan pintu.

Demi keamanan dan menghindari sepatu kotor akibat terinjak kaki orang lain, sebaiknya bawa kantung sepatu. Kantung sepatu seperti tas bisa menjadi pilihan agar mudah dibawa ke berbagai tempat.

2. Tisu

Ketika makan di restoran, khususnya dibawa pulang, biasanya pelayan tidak memberikan serbet ataupun tisu. Untuk itu, agar selalu bersih bawa terus tisu selama perjalanan.

3. Handuk kecil

Toilet umum di Jepang jarang menyediakan tisu toilet atau pun mesin pengering tangan. Untuk itu, tak ada salahnya membawa handuk kecil untuk mengeringkan tangan sehabis keluar toilet umum.

4. Cairan pembersih tangan

Cairan pembersih tangan atau hand sanitizer juga jadi barang lain yang harus dibawa turis namun sering terlupakan. Sama seperti tisu di toilet, sabun seringkali tak tersedia sekalipun di toilet kereta Shinkansen. Agar tetap bersih, hand sanitizer diperlukan.

5. Payung

Hujan deras di Jepang bisa turun kapan saja di sepanjang tahun. Payung pun jadi salah satu barang yang tak boleh ketinggalan untuk dibawa. Anda tentu tak ingin sakit karena ketinggalan payung bukan?

COMMENT