SHARE THIS ARTICLE

Setelah Jepang, kini Singapura menderita wabah dari karakter bergambar kucing yakni Hello Kitty. Di tahun 2000, sebuah restoran waralaba fast food McDonald muncul dengan mainan Hello Kitty.

Gitar Hello Kitty yang dijual di Jepang (Dok.BBC)
Gitar Hello Kitty yang dijual di Jepang (Dok.BBC)

Sayangnya karena kekurangan mainan, kerusuhan sempat terjadi di sana. Ada tujuh orang terluka dan tiga lainnya dibawa ke rumah sakit untuk perawatan. Apa yang membuat Hello Kitty mendunia sehingga dikenal masyarakat?

Ternyata animasi Hello Kitty sudah muncul sejak 40 tahun silam. Gara-gara Hello Kitty budaya Jepang kian mengglobal dikenal dunia. Dari Marrakech ke Honolulu, di mana-mana kucing berpita tersebut berdiri di antara display mainan.

Jepang telah menginvasi dunia dengan budaya pop milik mereka. Bahkan di Hello Kitty sampai ke Amerika Serikat,” ujar penulis Japanamerica Roland Nozomu Kelts seperti dikutip dari BBC Selasa (18/8/2014).

Menurut humas perusahaan Hello Kitty Sanrio Kazuo Tohmatsu karakter Hello Kitty tidak memandang ras, kebangsaan, merasakan kebahagiaan, dan tidak menghakimi.

Banyak karakter produk yang mencoba masuk ke dalam kehidupan Anda sehari-hari tapi ‘budaya cute’ dari Hello Kitty tidak memaksa Anda,” ungkapnya.

Majalah Forbes menyebut Hello Kitty sebagai salah satu karakter yang terbaik terjual ke dunia. Ia juga sukses dipilih sebagai utusan diplomatik Jepang, duta resmi pariwisata Tiongkok dan Hong Kong di tahun 2008, mempromosikan manga, anime, dan budaya pop Jepang lainnya.

COMMENT