SHARE THIS ARTICLE
dsc_03361
Umumnya jika kita memikirkan kata “memanah”, pasti kita akan memvisualisasikan dengan penduduk asli Amerika yang sedang menunggang kuda dan menembakkan panahnya ke langit. Sebenarnya sah-sah saja kalian membayangkan seperti itu, tapi sebenarnya panahan memiliki banyak akar dalam berbagai budaya. Dan salah satunya adalah Jepang, negara ini merupakan praktisi besar seni panahan yang sering disebut dengan Kyudo.
Kyudo atau (弓 道, teknik busur) adalah seni bela diri panahan dari Jepang, seni ini awal dikenalkan pada saat periode samurai feodal Jepang. Meskipun kita semua tahu jika asal mula panahan sendiri sudah ada pada saat zaman prasejarah. Tapi Jepang sendiri sudah kental dengan seni ini dan para praktisi dari seni ini yang disebut kyuudouka (弓道家) telah dilatih selama berabad-abad bahkan sampai hari ini. Bahkan ada International Kyudo Federation, yaitu federasi Kyudo resmi yang beranggotakan lebih dari 130.000 orang dan akan terus bertambah.


800px-Arceri_Kyudo

Kebutuhan Kyudo tumbuh dengan kuat ketika kelas samurai mulai mengambil alih dengan kekuasaan selama milenium pertama. banyak orang Jepang mulai melatih dan meningkatkan pendidikan dan keterampilan mereka pada seni ini, alasannya adalah untuk membantu pertahanan dan penyerangan dalam jangka panjang. Dan kebutuhan keterampilan Kyudo juga sangatlah begitu terasa saat perang Genpei pecah.

Selama dan setelah perang saudara Jepang terjadi, terdapat teknik busur baru yang dikembangkan dan bernama hi, kan, chu (terbang, menusuk, pusat). Teknik ini menjadi efektif dan bahkan membantu untuk menciptakan beberapa sekolah yang mengajarkan Kyudo dan pendidikan teknik-teknik baru dari seni ini. Sekolah Kyudo ini masih ada sampai sekarang, dan masih bervariasi pula dalam gaya mengajar serta tujuannya. Sekolah ini juga memiliki sistem ranking dan kelas identifikasi keterampilan pemanah secara individual. Tapi Kyudo tidak hanya dipelajari sebagai seni bela diri, bahkan sekarang sudah dipakai dalam praktek seremonial dan kompetisi.
732px-Japanese_archer_1878b-1
Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk belajar Kyudo? Salah satunya adalah Yumi, yaitu busur besar yang terbuat dari bambu. Pemanah umumnya memakai sarung tangan di tangan kanan mereka yang disebut dengan Yugake. Sarung tangan tersebut biasanya terbuat dari kulit rusa dan hanya ditutupi 3-4 jari. Pemanah selanjutnya akan memilih antara sarung tangan keras atau sarung tangan lembut saat akan memanah. Masing-masing sarung tangan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Setiap pemanah juga akan menggunakan teknik yang mereka sukai, tetapi biasanya akan memilih salah satu dari delapan teknik dasar Kyudo yang dimengerti oleh pemanah lainnya.

Kyudoka-yunde-glove

Kyudo sampai saat ini masih merupakan bentuk seni bela diri, beberapa di antaranya menyebut “seni bela diri Jepang termurni”. Baik kyudoka pria atau wanita sering melakukan seni ini dalam upacara dan kompetisi. Di bawah ini adalah video yang menunjukkan sebuah kompetisi, yang memperagakan beberapa beberapa wanita cantik berkimono yang memamerkan keahlian mereka.
Bagaimana, jadi tertarik untuk mencobanya bukan? Tapi ingat sebaiknya kalian jangan melakukan teknik Kyudo ini di dalam rumah.
Source : japanrealm.com
COMMENT