SHARE THIS ARTICLE

wajahmanusiadiretas

Tak hanya data dan sistem pada perangkat elektronik, wajah manusia juga bisa “diretas”. Kira-kira hal itulah yang mau ditampilkan oleh sebuah proyek seni asal Jepang bernama Omote.

Sebagaimana dilaporkan TechCrunch dan dikutip KompasTekno, Selasa (20/1/2015), Omote berhasil menjadikan wajah manusia sebagai kanvas untuk kemudian diubah-ubah menyerupai wajah siapa saja.

Dengan mencampurkan teknologi proyektor ultra-bright, sistem pelacakan wajah dan beberapa desain visual yang terampil, karya seni “peretas wajah” mengubah wajah manusia menjadi alien, citah, robot, dan sebagainya, secara real-time.

Secara sederhana, proses kerja peretas wajah ini melalui penyusunan titik-titik wajah yang ditangkap kamera. Setelah titik-titik wajah teridentifikasi, langkah selanjutnya adalah mengambil tekstur wajah yang ingin ditempelkan ke wajah asli.

Proses penempelan dilakukan secara digital dan disesuaikan dengan titik-titik wajah asli. Setelah titik-titiknya pas, maka kulit dan tekstur akan terproyeksi secara real-time ke kulit wajah asli. Teknik inilah yang sering dilakukan dalam sistem pembuatan film Hollywood.

Proyek “peretas wajah” adalah proyek kedua Omote dalam memanipulasi wajah manusia. Berikut proyek pertama kelompok seniman yang dipimpin oleh Nobumichi Asai ini.

Source : tekno.kompas
COMMENT