SHARE THIS ARTICLE

what it means to be an otaku japan

Wanita Jepang dikenal populer di kalangan pria di seluruh dunia, dan bahkan ada T-shirt yang bertuliskan “Looking for a Japanese Girl Friend.” Tapi apa yang Anda pikir yang gadis-gadis Jepang cari pada pria ketika mereka mencari calon suami? Dan pria Jepang seperti apa yang ternyata bisa menjadi hebat bagi wanita pada umumnya?

Berikut adalah hasil wawancara dengan wanita Jepang yang masih lajang dan juga mempelajari layanan kencan jenis apa yang tersedia di Jepang untuk mengetahuinya lebih lanjut.

“Sebelum saya tertarik pada pria yang akan mengejar mimpi mereka dengan mengambil risiko dalam hidup mereka, tapi aku sekarang hanya berkencan dengan pria yang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan sipil, karena stabilitas pekerjaan. Ia juga tidak harus berpenampilan baik. Saya ingin terus bekerja sehingga calon suami saya tidak perlu harus memperoleh penghasilan yang tinggi.”

Di Jepang, ada kegiatan yang disebut “Ota Konkatsu,” yang merupakan layanan kencan, di mana orang-orang bisa bertemu otaku (istilah Jepang yang digunakan untuk merujuk kepada orang-orang dengan hobi yang obsesif, terutama anime, manga atau video game) pada sebuah kencan, dengan tujuan utama untuk menemukan pasangan hidup.

AKB48

“Saya pribadi tidak mendefinisikan diri saya sebagai otaku, dan melihat semua otaku ini mengejar AKB48 (grup gadis-gadis Jepang yang telah mencapai popularitas di Jepang hingga mereka telah dikategorikan sebagai fenomena sosial), menghadiri acara-acara mereka seperti penggemar setia, Saya selalu berpikir orang-orang otaku seperti underdog (orang yang tidak diunggulkan dalam suatu komunitas atau bisa juga disebut “anak bawang”), tidak keren atau tidak populer.

“Tapi saya pikir saya salah, karena mereka bisa sangat mendukung untuk hal-hal yang sangat penting bagi Anda, dan mereka memprioritaskan Anda dan dapat menjadi orang terbaik untuk memahami dan mendukung Anda. Tidak seperti pria tradisional Jepang yang mengharapkan kita untuk menjadi istri dan ibu untuk keluarga, mengurus pekerjaan rumah dalam rumah tangga, orang-orang otaku membantu dengan pekerjaan rumah yang saya pikir saya harus lakukan sendiri, jadi saya sekarang terbuka untuk mengenal seorang otaku pria untuk calon suami saya sekarang.”

Otaku pria memiliki rasa hormat yang kuat bagi wanita pada umumnya, dan mereka juga berasal dari latar belakang dengan pekerjaan yang stabil, kadang-kadang terkait dengan bidang teknik, mungkin karena basis mereka di Akihabara. ”

Jadi apakah ini berarti kita memasuki era dimana wanita dengan permintaan yang tinggi untuk dukungan dari seorang pria akhirnya bisa menemukan jawaban atas kebutuhan mereka dengan menikahi pria non-populer tetapi sangat berkomitmen di Jepang? Bukankah itu berarti para otaku pria kini akan menjadi kelompok populer untuk potensi pernikahan di antara semua wanita di seluruh dunia?

(Source & photos: injapan.gaijinpot.com & newschoolkaidan.com)

COMMENT