SHARE THIS ARTICLE

Salah satu anime bertema angkatan laut futuristik bertajuk Arpeggio of Blue Steel saat ini sedang menjadi kegemaran tersendiri di mata para pecinta anime bernuansa fiksi dan perang, terutama kelautan.

arpeggio

Hal itu terbukti dengan larisnya Arpeggio of Blue Steel di tangga anime Oricon. Penjualan versi Blu-ray anime ini membawanya berada di posisi runner-up berkat volume kelima yang terjual sebanyak 9.047 kopi di pekan awal.

Dilansir dari Anime News Network (6/5/2014), pada tangga tersebut, Arpeggio of Blue Steel hanya kalah pamor oleh film animasi Hollywood Planes MovieNEX, namun mengalahkan penjualan judul-judul anime lain seperti Sword Art Online: Extra Edition dan Walking with Dinosaurs.

Khusus di tangga DVD Oricon, anime ini masih kalah oleh Kuroko’s Basketball dan animasi Hollywood lainnya seperti Walking with Dinosaurs, Tangled, dan Despicable Me. Walaupun hanya berada di posisi keenam, namun Arpeggio of Blue Steel menyingkirkan My Neighbor Totoro dan Sword Art Online: Extra Edition.

arpeggio2

Cerita anime ini berkutat mengenai pemanasan global serta naiknya permukaan laut di awal abad ke-21 hingga daratan di bumi hilang. Pada 2039, sebuah armada kapal perang yang dipersenjatai teknologi dan persenjataan canggih, muncul secara misterius dan memusnahkan angkatan laut di dunia.

Kapal misterius yang disebut sebagai The Fleet of Fog itu, memberlakukan blokade laut dan udara di seluruh dunia. Imbasnya, manusia pun dicegah untuk bepergian melalui laut untuk bisa ke negara lain.

Kisah dalam anime ini dimulai sejak era 2056, 17 tahun setelah blokade dimulai. Seorang mantan mahasiswa bernama Gunzo Chihaya dari Akademi Marinir Nasional Jepang, didaulat sebagai kapten dari sekelompok kecil privateers bernama Blue Steel. Mereka pun memulai petualangan dan pertempurannya untuk bisa menaklukkan The Fleet of Fog.

Arpeggio of Blue Steel pertama kali terbit di majalah Young King Ours terbitan Shonen Gahosha sejak 30 September 2009 dengan jumlah 8 volume. Versi animenya pertama kali mengudara di Jepang sejak 7 Oktober hingga 23 Desember 2013 sepanjang 12 episode.

Source : showbiz.liputan6.com
COMMENT