SHARE THIS ARTICLE

Banyak yang bilang kalau mau traveling ke Jepang harus mengeluarkan anggaran yang besar. Namun ternyata, Anda tetap bisa ke Jepang meski dengan anggaran terbatas. Dilongok dari situs resmi wisata Jepang, Selasa (9/9/2013) inilah 5 tips liburan ke Jepang dengan anggaran terbatas:

1. Gunakan kartu langganan kereta

tips jepang anggaran terbatas (1)
Foto: (Hany/detikTravel)

Japan Rail Pass sangat direkomendasikan untuk dimiliki turis. JNTO (Japan National Tourism Organization) sangat menyarankan turis untuk menggunakan Japan Rail Pass 7 Day.

Dengan menggunakan kartu ini, traveler bisa melakukan perjalanan tanpa batas dengan kereta api JR ke seluruh Jepang selama 7 hari. Tinggal tap kartu ke mesin di pintu masuk, Anda sudah bisa berada di dalam stasiun kereta.

Meski agak mahal, namun harga ini akan lebih murah ketimbang Anda membeli tiket sendiri-sendiri. Hal ini karena biasanya ada potongan khusus untuk pelanggan.

2. Gunakan promo pesawat

tips jepang anggaran terbatas (2)
Foto: (Thinkstock)

Penerbangan ke Jepang memang mahal. Namun traveler bisa mengakalinya dengan menggunakan pesawat bujet. Harga ini akan lebih murah lagi bila maskapai tersebut sedang melakukan promo. Dijamin memangkas ongkos habis-habisan.

3. Miliki buku petunjuk

tips jepang anggaran terbatas (3)
Foto: (JNTO)

Tokyo Handy Guide sangat disarankan dimiliki turis. Menurut JNTO, buku ini termasuk lengkap karena memang diperuntukkan wisatawan.

Buku ini juga telah dilengkapi buku panduan, peta dan tempat wisata lainnya. Lebih asyik lagi, di dalam buku ini juga terdapat kartu diskon di rumah makan tertentu.

4. Fokus pada kedai makan cepat saji

tips jepang anggaran terbatas (4)
Foto: (JNTO)

Jika ingin menghemat makan, turis bisa fokus ke tempat makan cepat saji. Anda bisa menemukannya di sekitar stasiun kereta. Biasanya, kedai-kedai menawarkan harga yang jauh lebih murah ketimbang restoran.

5. Belanja di toko 100 Yen

tips jepang anggaran terbatas (5)
Foto: (JNTO)

Di berbagai tempat di Jepang, ada banyak toko yang menjual barang dengan patokan harga 100 Yen atau Rp 11 ribu/barang. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari aksesoris sampai makanan.

COMMENT