Aneka Patung Harimau di Jepang Dari Yang Unik Hingga Lucu


patung harimau di Jepang

Baru-baru ini di tanah air sedang heboh dengan foto dari patung harimau unik yang mendadak menjadi viral di dunia maya dan menjadi perbincangan para netizen, yang kemudian membuat meme dan guyonan hingga akhirnya patung itu dibongkar. Namun, patung harimau di Jepang juga ada yang memiliki bentuk lucu lho. Entah memang dibuat unik dan lucu seperti hasil jadinya atau mungkin karena ketidaksengajaan, patung-patung harimau di Jepang ini ada di berbagai tempat.


Patung Harimau di Myoujyourinji

image: haveagood.holiday

Di kuil Shinto Myoujyourinji yang terletak di Ogaki City, Prefektur Gifu, terdapat patung harimau yang dibuat dengan cara menggali batu kapur yang ada di sekitar kuil tersebut.

Patung Harimau di Marunouchi Naka-dori

image: blog.goo.ne.jp
image: blog.goo.ne.jp

Jalan yang di sepanjang sisinya berderet pohon-pohon ini dekat dari daerah Stasiun Tokyo dan dipenuhi dengan kafe, restoran dan toko busana, serta patung-patung karya berbagai seniman di sepanjang trotoarnya. Patung harimau di Jepang dengan mata melotot ini adalah salah satunya yang cukup menarik perhatian.

Patung Harimau di Chougosonshi-ji

image: nihonmeguri.ojaru.jp
image: nihonmeguri.ojaru.jp
image: nihonmeguri.ojaru.jp

Chougosonshi-ji adalah kuil Buddha yang terletak di Ikoma, Prefektur Nara, yang dipenuhi dengan patung harimau. Patung-patung yang tersebar di berbagai tempat di kuil tersebut melambangkan harimau yang konon menemani perjalanan dewa Bishamonten. Oh ya, patung-patung ini kepalanya bisa bergerak lho, karena di dalam lehernya terdapat seutas tali yang menghubungkan bagian kepala dan tubuhnya.

Patung Harimau di Kastil Wakayama

image: artofbudgettravel.blogspot.co.id

Kastil Wakayama yang terletak di gunung Torafusu menyimpan patung harimau ini. Gunung Torafusu sendiri dinamakan karena bentuknya yang menyerupai harimau (tora) yang berbaring di lerengnya (fusu), sehingga dibuat patung harimau yang terlihat sedang berbaring di kastil ini.

Patung Harimau di Omotesando

image: Judith B. Gandy on flickr.com

Di kawasan Omotesando di Narita, Chiba, terdapat patung-patung hewan yang mewakili hewan perlambang shio/zodiak Jepang di sepanjang jalan, salah satunya adalah patung harimau ini.

Patung Harimau di Toranomon

image: tokyobling.wordpress.com
image: tokyobling.wordpress.com

Toranomon adalah salah satu kawasan bisnis di Tokyo. Kata “tora” sendiri dalam bahasa Jepang berarti harimau dan “mon” berarti gerbang. Pada periode Edo, Toranomon merupakan nama satu dari 12 gerbang Kastil Edo yang dinamakan dari hewan shio/zodiak Jepang, dari 36 gerbang yang ada di kastil itu. Pada tahun 1920-an di kawasan bekas gerbang kastil itu dibangun stasiun yang dinamakan Toranomon, lalu tahun 1938 dibangun stasiun kereta bawah tanah yang juga dinamakan Toranomon, dan kawasan di sekitar stasiun itu pun dinamakan Toranomon sejak tahun 1952. Di tahun 1979, masyarakat sekitar kawasan itu lalu membuat patung harimau dari perunggu yang menarik perhatian wisatawan.

Patung Harimau Mirip Doraemon di Toranomon Hills

image: tokyofromtheinside.com
image: 28mm.net
image: japan365days.com

Toranomon Hills adalah kompleks gedung pencakar langit setinggi 247 meter di Tokyo. Gedung ini bahkan memiliki maskot yang dinamakan Toranomon yang dibuatkan patungnya di kawasan gedung itu. Toranomon ini bukan tiruan Doraemon, tapi merupakan kolaborasi resmi dengan Fujiko F. Fujio, pembuat Doraemon.


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini