SHARE THIS ARTICLE
aneh-tapi-nyata-tes-makeup-sebelum-meninggal-supaya-cantik-saat-dimakamkan
Dailymail.co.uk.

Setiap manusia pasti meninggal, tidak ada yang tahu kapan datangnya hari itu. Jika Anda tinggal di Jepang, Anda bisa mempersiapkan hari kematian itu secantik yang Anda mau. Ada sebuah festival di mana seseorang dapat memilih make up seperti apa yang akan dia pakai saat dimakamkan, baju apa yang dipakai dan peti mati seperti apa yang akan mereka pilih. Semua ada dalam Shukatsu Festa.

shukatsu-festa-1
Dailymail.co.uk.

Biasanya orang meninggal tidak akan pilih-pilih mau dimakamkan dengan cara bagaimana, tergantung agama dan kepercayaan yang dianut. Namun dalam festival Shukatsu Festa yang diadakan di Tokyo, semua orang bisa mempersiapkan pernak-pernik di hari kematiannya. Festival yang unik ini sudah dihadiri lebih dari 5000 orang setiap tahun, dilansir oleh Dailymail.co.uk.

shukatsu-festa-2
Dailymail.co.uk.

Banyak orang takut dikubur, namun warga Jepang justru antusias mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sehingga saat meninggal kelak, dia tetap tampil cantik atau tampan di dalam peti mati dan pakaian pilihannya sendiri. Arti dari shukatsu sendiri adalah mempersiapkan salah satu ujung. Sehingga tak heran jika masing-masing orang bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin di hari pemakamannya.

shukatsu-festa-3
Dailymail.co.uk.

Dalam festival Shukatsu Festa, seorang wanita akan diberi make up seperti orang meninggal. Lalu mereka dipersilakan memilih akan memakai baju atau kimono yang paling pas dengan selera. Mereka diperkenankan memilih peti mati yang sesuai selera, lalu mereka benar-benar ditutup kain dan peti ditutup beberapa saat. Jika cocok, maka petugas akan mencatatnya sebagai arsip jika suatu saat mendapat telepon untuk melaksanakan jasanya.

Ternyata, kematian tak selamanya menakutkan bagi warga Jepang, karena mereka mempersiapkannya sebaik dan sesempurna mungkin.

COMMENT