SHARE THIS ARTICLE

Band Art Rock Jepang, KAO=S menawarkan gaya baru dari seni Jepang yang mereka bawa ke dunia, yang disebut ‘chaos‘ atau, mengikuti pengucapan Jepang, KAO=S (diucapkan chaos). Baru-baru ini KAO=S mengadakan konser live pada tanggal 9 Mei di Tokyo dengan para anggota Dexstlings, The Roamers dan Atomic stoogies. Mereka merekam penampilan tersebut dan mengunggah videonya di YouTube.

Aktivitas Terbaru Band Art Rock Jepang, KAO=S2

KAO=S mem-posting lagu mereka berjudul “Cosmic Sojourn” dari acara tersebut, pada tanggal 4 Agustus yang lalu. Lagu ini sangat oriental dan progresif. Selain itu, pemain Shamisen KAO=S yang bernama Jack menggunakan alat musik empat senar, “Yomisen” yang diciptakannya. Alat musik ini memiliki suara yang sangat unik. Simak dalam video di bawah ini!

KAO=S / Cosmic sojurn dari pertunjukan live di GB pada tanggal 9 Mei 2016

Playlist YouTube dari pertunjukan live di GB pada tanggal 9 Mei 2016

KAO=S akan muncul dalam drama musikal aksi pertarungan berjudul “MAKAI” pada tanggal 19 Agustus di Tokyo. “MAKAI” adalah acara hiburan jenis baru yang dicampur dengan musik, gulat profesional dan teater. KAO=S akan memainkan musik mereka dalam acara itu dan vokalis KAO=S Kaori akan berakting. Pemain Shamisen KAO=S, Jack juga akan “duel” alat musik dengan gitaris 8 senar ISAO yang merupakan anggota dari band pengiring BABYMETAL.

KAO=S merilis video musik Taimatsu bekerja sama dengan film Australia Mondo Yakuza (1)

■ Aktivitas Band KAO=S

【2012】
・South by South West (SXSW) 2012 (USA, Texas, Austin)
・U.S. Tour (Chicago, New York, San Francisco, Los Angeles and Las Vegas.)

【2013】
・SXSW 2013
・European Tour (Frankfurt, London, Paris)
・14th Japan Expo Paris
· Album “SAKURA” dirilis pada bulan Maret
· Album “Monogatari” dirilis pada bulan November

【2014】
・Tokyo International Music Market
・CNN International program “The Art of Movement” (wawancara dan tampil)

【2015】
・Acara persahabatan Internasional di China (Dalian)
・Acara khusus ulang tahun ke-120 persahabatan Jepang dan Brasil, “Hanabi Matsuri” di Brazil (Sao Paulo)
・Album “Dawn of Planet Chaos” dirilis pada akhir Oktober

■ Profil Band KAO=S

KAO=S akan merilis album digital online baru mereka “Dawn of the Planet Chaos” tanggal 31 Oktober (2)

KAO=S adalah Japanism Art Rock Band yang anggotanya adalah Kaori “Lady Samurai” Kawabuchi; Vokal / Penampilan pedang, Jack; Tsugaru Shamisen dan Shuji Yamagiri; Gitar Akustik / Vokal. KAO=S didirikan di Tokyo, pada April 2011. Dari gejolak yang mengikuti gempa Tohoku dan tsunami tahun 2011, band ini menyuling gaya baru dari seni Jepang untuk membawanya ke dunia, yang disebut ‘chaos/kekacauan’ atau, mengikuti pengucapan dalam bahasa Jepang, KAO=S (‘Kah-oss’). Suara dari KAO=S adalah campuran dari vokal dan gitar akustik, yang dilapisi dengan berbagai instrumen tradisional Jepang seperti Tsugaru shamisen dengan tiga senar, dan menggunakan berbagai macam efek. Dilengkapi dengan tari pedang Kaori yang kuat dan memukau, KAO=S dengan cepat menarik perhatian orang-orang. Pada tahun 2012, KAO=S diundang untuk tampil di SXSW2012, dan band ini memulai tur nasional di Amerika Serikat.

Pada tahun 2013, KAO=S tampil lagi di SXSW. Mereka selanjutnya muncul di JAPAN EXPO 2013 di Perancis. KAO=S tampil di panggung utama dan mendapat respon yang besar dari para penonton berkat suara unik instrumen baku mereka. Mereka menerima liputan media yang luas dari penampilan mereka.

Pada tahun 2014, KAO=S menandatangani kontrak dengan label rekaman Jerman untuk merilis single pada bulan Juli, dan KAO=S melakukan pertunjukan live di Tokyo International Music Market pada bulan Oktober. Mereka sangat diterima oleh banyak pembeli di luar negeri yang menghadiri acara tersebut. KAO=S diminta untuk tampil di Program Internasional CNN “The Art of Movement” pada bulan November. Mereka adalah band Jepang pertama yang diliput oleh program ini. Episode yang menampilkan KAO=S ditayangkan pada bulan Januari 2015.

Pada tahun 2015, KAO=S muncul di acara-acara persahabatan internasional yang digelar di Kota Dalian, Cina pada tanggal 4 dan 5 September. Itu adalah pertunjukan pertama KAO=S di Asia di luar Jepang. KAO=S muncul di “Hanabi Matsuri (Festival Kembang Api)” yang diselenggarakan di Sao Paulo pada tanggal 12 September. Ini adalah acara khusus untuk merayakan ulang tahun ke 120 dari persahabatan Jepang dan Brazil (120 anos de amizade Japao/Brasil.)

KAO=S akan merilis album digital online baru mereka “Dawn of the Planet Chaos” tanggal 31 Oktober (4)

■ Profil Anggota KAO=S

Kaori Kawabuchi

Kaori adalah vokalis utama KAO=S. Kaori juga ahli pedang Jepang, dan juga dikenal sebagai “Lady Samurai”. Penampilan intensnya adalah sintesis dari tarian dan permainan pedang. Tidak terbatas pada KAO=S, Kaori juga turut menjadi bagian dari banyak proyek. Kaori telah muncul di panggung dalam berbagai drama, dan dalam banyak film di Jepang. Ia saat ini dijadwalkan melakukan perjalanan ke Hollywood untuk melakukan syuting. Sebagai pemain motion capture, Kaori telah berpartisipasi dalam banyak film dan video game terkenal. Misalnya seri video game “FINAL FANTASY”, film CG “Captain Harlock”. Pada tahun 2013 & 2014, Kaori juga menggelar workshop penampilan Samurai di Jerman. Workshop-nya sangat dinilai sebagai pertukaran budaya internasional yang bermanfaat.

Shuji Yamagiri

Shuji adalah gitaris, penulis lagu utama, dan pemimpin dari KAO=S. Tidak hanya anggota suatu paduan suara, Shuji juga menjadi vokal utama dan bagian chorus berkat jangkauan vokalnya yang luas. Ia bisa menyanyi lagu rakyat Jepang, shouka, rock dan pop. Dia mengkonseptualisasikan kisah dari manga promosi KAO=S. Manga tersebut telah diunduh lebih dari 10.000 kali secara online.

Jack

Jack memainkan Tsugaru Shamisen, alat musik klasik Jepang. Ia terampil memanfaatkan efek suara dan menggunakan banyak suara Shamisen. Jack memainkan lagu-lagu rakyat Jepang dengan Shamisen di Hong Kong dan Mongolia. Pada tahun 2013, ia melakukan penampilan berdedikasi melalui acara perayaan kuil besar yang terkenal yaitu kuil “Izumo Taisha” menggunakan Shamisen. Pada tahun 2014, Jack pernah berpartisipasi dalam kompetisi dunia dari Tsugaru Shamisen. Ia menerima medali perak di kategori bermain improvisasi.

■ LINKS

【Video】
・Video profil: https://youtu.be/hMR3FS0zGKs
・Video musik Sakura no Oni / Ogre of the Cherry Tree
https://youtu.be/ppeg3rL5rGk
・CNN International / The Art of Movement
http://edition.cnn.com/videos/bestoftv/2014/12/15/spc-art-of-movement-japan-rock-kaos.cnn

■ Informasi Perilisan

・Judul Album; Dawn of the Planet Chaos
・Label: D・I・O ENTERTAINMENT
・Nomor Katalog: KAOS-1001
・Tanggal Rilis;
Rilis digital copy: 30 Oktober.
iTunes: https://itunes.apple.com/gb/album/dawn-of-the-planet-chaos/id1053330825
Rilis Physical Copy (CD): Januari 2016
・Video Musik “Kuroda-bushi” https://youtu.be/L58rigmoGEo

【KAO=S WEB and SNS URL】
・Website: http://www.kaos-japan.com
・Facebook: https://www.facebook.com/kaos.japan
・Twitter: https://twitter.com/kaos_japan
・Sound Cloud: https://soundcloud.com/kaos-japan/

COMMENT