SHARE THIS ARTICLE

Minna-san, Konnichiwa…Di part III ini akan aku coba kenalkan beberapa Sub Unit lagi dan sub unit ini masih aktif hingga hari ini.

 18. FRENCH KISS

French Kiss [Furenchi Kisu] adalah sebuah Sub-unit dari AKB48 yang beranggotakan  Kuramochi Asuka, Kashiwagi Yuki dan Takajyo Aki yang berada dalam satu management yaitu Watanabe Production. Sub-unit ini resmi dibentuk pada tanggal 28 Juni 2010 ketika AKB48 Team B selesai memainkan Stage B5 “Theater No Megami“.  Pembawaan Sub-unit ini berbeda dengan Sub-unit Watarirouka hashiritai 7 yang lebih berkesan kekanak-kanakan dan riang. French Kiss lebih bercirikan wanita dewasa muda dan Produser Akimoto menyebut sub-unit ini sebagai 3 gadis yang elit dan elegant. Sampai hari ini, French Kiss telah mengeluarkan 5 buah single yaitu Single perdana  “Zutto Mae Kara”  yang dirilis pada 8 September 2010 dan menjadi soundtrack lagu penutup serial anime MAJOR season ke-6 yang ditayangkan NHK TV. Single ke dua “If” dirilis pada bulan Januari 2011 dan berhasil mencapai peringkat 2 di oricon chart bulan Januari 2011 dan melesat ke peringkat 1 di Billboard Japan Hot 100 setelah minggu sebelumnya hanya menduduki peringkat ke 74. Single ke tiga, “”Kakkowarui I Love You” dirilis bulan Mei 2011 dan kembali menduduki Chart Tangga lalu Oricon peringkat ke 2. Dan single ke 4 “Saisho No Mail”, untuk pertama kalinya Sub-unit French Kiss mencapai peringkat 1 di Urutan tangga lalu Oricon bulan November 2011. Di tahun 2012, French Kiss baru merilis single ke 5 di Bulan Juli 2012 dengan single Romance, Privacy dan kembali menduduki peringkat ke 2 di Oricon Chart Japan.

19. DIVA
One Shot unit dari AKB48  yang menjadi coupling song dari Single AKB48 “Beginner”, dengan lagu Nakeru Basho. Beranggotakan 16 orang member AKB48 dan 1 orang member SKE48.
Team A : Oya Shizuka, Kuramochi Asuka, Matsubara Natsumi, Nakaya Sayaka, Chisato Nakata
Team K : Akimoto Sayaka, Umeda Ayaka, Uchida Mayumi, Tanabe Miku, Nonaka Misato
Team B : Sato Amina, Masuda Yuka, Chikano Rina, Kobayashi Kana, Sato Natsuki, Suzuki Mariya
SKE48 : Oya Masana.
Kemudian coupling song di single AKB48 ke 20 “Sakura No Kini Narou” dengan lagu “Area K” dengan beranggotakan :
Team A : Oya Shizuka, Kuramochi Asuka, Matsubara Natsumi, Nakaya Sayaka, Chisato Nakata dan Iwasa Misaki.
Team K : Akimoto Sayaka, Umeda Ayaka, Nakatsuka Tomomi, Tanabe Miku, Nonaka Misato, Yonezawa Rumi.
Team B : Sato Amina, Masuda Yuka, Chikano Rina, Kobayashi Kana, Sato Natsuki, Suzuki Mariya, Hirajima Natsumi.
Dari sub-unit DIVA ini kemudian dibubarkan dan Akimoto Yasushi membentuk lagi sebuah sub-unit yang diberi nama DiVA [Perbedaannya di huruf I]

20. DiVA

DiVA adalah sub-unit dari AKB48 dengan personil yang memiliki kualitas vokal diatas rata-rata para member AKB48 lainnya. Terdiri dari Akimoto Sayaka, Umeda Ayaka, Miyazawa Sae dan Masuda Yuka yang sudah cukup teruji kemampuan vokalnya. Produser Akimoto Yasushi mengklaim sub-unit DiVA ini sebagai sub-unit yang menggabungkan kekuatan vokal dengan kekuatan tarian/dance yang powerful dan enerjik. Dan untuk pertama kalinya pula, sub-unit AKB48 tapi memasukkan member Non AKB di dalamnya. Selain ke-4 member AKB48 diatas, masih ada 6 orang member Non AKB yaitu Satoko Kazuya, Futami Yuki, Furukawa Atsuko, Fukuno Ramu, Yamagami Ayaka dan Inoue Yuina sebagai back dancer. DiVA merilis single perdana berjudul Tsuki no Uragawa di bulan Mei tahun 2011. Dilanjutkan dengan Cry dibulan Agustus 2011. Single terakhir yang dirilis DiVA adalah “Lost The Way” di bulan Maret 2012 yang sekaligus menjadi OST dari Film Ultraman Saga yang diperankan ke-4 member DiVA ini bersama 3 orang member AKB48 lainnya yaitu Kobayashi Kana, Sato Sumire dan Shimada Haruka [ Lihat Sub-unit Team U]

21 . NOT YET

 

Sub-Group ini dihuni oleh 4 orang personil AKB48 yang tengah bersinar dan memiliki prestasi yang diatas rata-rata member lainnya. Akimoto Yasushi memberi nama sub-group ini dengan kata Not Yet [Belum saatnya/belum waktunya] karena menurut beliau ke-4 personil ini adalah ibaratkan berlian yang belum terasah dan belum waktunya untuk bersinar. Ke-4 personil Not Yet adalah :
Oshima Yuko : Bagi penggemar AKB48, tidak perlu dipertanyakan lagi siapa Oshima Yuko.  Member generasi ke 2 yang paling bersinar bahkan menjadi saingan terberat dari Maeda Atsuko yang merupakan Face dari AKB48. Menduduki peringkat 2 di Senbatsu Sousenkyo [SS] pertama, peringkat 1 di SS ke dua 2010, Peringkat 2 di SS ke 3 2011 dan kembali ke peringkat 1 di SS ke 4 2012. Dan Yuko adalah salah satu member yang sangat aktif berperan dibanyak drama dan film. Bahkan saat ini, Yuko menjabat sebagai Kapten Team K, AKB48.
Sashihara Rino : Member AKB48 generasi ke 5 yang paling aktif dan paling dashyat kenaikan peringkatnya di SS. SS pertama, Sasshi hanya menduduki peringkat 27, sedangkan dalam waktu 3 tahun peringkatnya melesat ke posisi 4. Selain itu, Sasshi juga aktif berperan di beberapa drama, memiliki acara televisinya sendiri, sudah merilis solo album, menjadi produser sebuah acara event besar dan Sasshi termasuk salah satu member AKB48 yang paling dekat dengan para Fans maupun menghargai pendapat para Haternya. Dan saat ini Sasshi adalah member dari sister group AKB48 termuda di Jepang, HKT48.
Yokoyama Yui : Member generasi 9 yang paling cepat masuk ke team inti AKB48 dari Team Kenkyuusei ke Team K. Salah satu member muda yang sangat dihargai oleh kapten Takahashi Minami maupun gen 1.5 Shinoda Mariko karena Yui cepat sekali menguasai lirik maupun koreografi dari lagu AKB48. Satu-satunya member AKB48 yang berasal dari Kyoto dan saat ini aktif sebagai member AKB48 team A sekaligus merupakan member temporary dari NMB48.
Kitahara Rie : Member generasi ke 5 yang hobby sekali membaca dan memiliki bakat khusus menjadi reporter televisi. Tidak ada kesulitan bagi Kitarie untuk membaca tulisan dengan cepat dan menghafal kata-kata itu di dalam otaknya. Dari seluruh dorama yang diperankan oleh AKB48, Kitarie adalah satu-satunya member yang tampil didalamnya, mulai dari Majisuka Gakuen 1,2 dan 3, Shiritsu Bakaleya Koukou dan Sakura Kara No Tegami. Dan saat ini Kitarie sedang aktif shooting untuk sebuah reality show Terrance House dimana dia memerankan dirinya sendiri yang harus tinggal bersama 5 orang non artist di sebuah apartemen. Dan dalam waktu dekat, Film perdana Kitarie sebagai pemeran utama berjudul “Joker Game” akan segera dirilis di awal tahun 2013. Saat ini selain menjadi member team K AKB48, Kitarie juga menjabat sebagai member temporary dari SKE48.
Not Yet sendiri telah merilis 4 buat single dan Sub-group Not Yet adalah sub-group pertama AKB48 yang langsung mencapai posisi 1 di Oricon Chart maupun Billboard Japan Hot 100 di single perdana mereka. Single perdana “Shūmatsu Not Yet” terjual lebih dari 240 ribu copy dan dirilis bulan Maret 2011. Single ke dua “Naminori Kakigōri” pun mendapatkan peringkat 1 baik di Oricon Chart maupun Billboard Japan Hot 100 dan terjual lebih dari 200 ribu copy di bulan Juli 2011. Single ke 3, “Pera Pera Pera O” sedikit kurang beruntung karena hanya menduduki posisi ke 2 di Oricon Chart, namun terjual 210 ribu copy di bulan November 2011. Sedangkan single ke 4 “Suika Baby” yang baru dirilis bulan Mei 2012 kembali mencapai posisi pertama di Oricon Chart dengan terjual diatas 150 ribu copy di minggu pertama setelah rilis.

 22. NO NAME

 

Sub-Unit yang unik ini cukup digemari para penggemar AKB48 karena terdiri dari 9 orang member yang memiliki bakat sebagai pengisi suara film. Personil Sub-Unit No Name adalah para pengisi suara [Seiyuu] untuk serial anime dari AKB48 yaitu “AKB0048”, yang mengisahkan perjuangan para member kenkyuusei AKB48 generasi ke 77 [ puluhan tahun dari masa sekarang] untuk menampilkan hiburan ala AKB48 di sebuah dunia dimana dunia hiburan dan musik adalah sesuatu yang dilarang oleh pemerintah. Sebelum terbentuk, para member ini harus melewati tahap audisi yang cukup ketat karena melibatkan ratusan member dari AKB48, SKE48, NMB48 dan HKT48 bahkan hingga ke member Kenkyuusei. Dan setelah melalui tahap audisi dan seleksi tersebut akhirnya terpilihlah 9 member untuk Sub-Unit ini. Mereka adalah :
Watanabe Mayu [Seiyuu: Sono Chieri], Iwata Karen [Seiyuu : Motomiya Nagisa], Nakaya Sayaka [Seiyuu : Aida Orine], Sato Amina [Seiyuu: Ichijo Yuka], Ishida Haruka [Seiyuu : Shinonome Kanata], Sato Sumire [Seiyuu : Kishida Mimori ], SKE48 Yagami Kumi [Seiyuu : Shinonome Sonata], SKE48 Hata Sawako [Seiyuu : Kanzaki Suzuko] dan NMB48 Mita Mao [Seiyuu : Yokomizo Makoto]
Single No Name “Kibou Ni Tsuite” dan “Yume wa Nando mo Umarekawaru” ini sekaligus menjadi soundtrack dari Opening maupun ending Anime AKB0048 yang berjumlah 13 episode di season pertama rencananya akan dilanjutkan hingga ke season ke II  tahun 2013 mendatang.

23. AnRiRe

Sub-unit yang baru terbentuk di bulan Oktober 2012 ini adalah sub-unit yang dikenalkan mendampingi single kedua dari member HKT48 Sashihara Rino “Ikujinashi Masquerade”. AnRiRe terdiri dari ANna Iriyama, RIna Kawaei dan REna Kato. Single “Ikujinashi Masquerade” ini sekaligus menjadi soundtrack dari film yang dibintangi oleh Sashihara Rino berjudul “Muse No Kagami” yang sebelumnya telah diperankan Sashihara dalam bentuk Mobile Dorama berdurasi 10 menit sebanyak 24 episode.

 

 

 

Yosh, sekian dengan part III…Part berikutnya sekaligus part Terakhir akan dibahas tentang Sub-Unit Terbesar yang pernah dimiliki oleh AKB48 yaitu “TEAM SURPRISE”…Otanoshimini….

COMMENT