SHARE THIS ARTICLE

Aji furai, Ikan makerel goreng dengan tepung panir dari Jepang (1)Ikan makerel atau aji adalah menu ikan favorit di Jepang karena tersedia di seluruh Jepang sepanjang waktu. Dimasak dengan cara apapun rasanya tetap enak, Aji sendiri dalam bahasa Jepang artinya adalah cita rasa.

Aji-no-tataki atau ikan makerel dengan gaya tartar adalah resep yang khas. Ikan makerel mentah dipotong-potong tipis dan disajikan dengan irisan tipis daun bawang, jahe serta bahan-bahan lainnya yang bisa membantu menghilangkan bau amis. Ikan makerel juga tersedia dalam bentuk yang dikeringkan. Daging ikannya dibuka, dibumbui garam dan dijemur di luar ruangan. Ikan kering ini biasanya dipanggang dan menjadi menu sarapan warga Jepang.

Sejumlah kawasan memiliki resep masing-masing untuk ikan ini. Di Kyushu, provinsi Miyazaki ikannya dipanggang dan disuwir, lalu dipanggang lagi dengan pasta miso dan disajikan dengan kaldu dingin ikan asap bonito. Menu ini dikenal dengan nama hiya-jiru. Di kepulauan Izu ada menu ikan yang diberi nama kusaya, di mana daging ikan makerelnya dibuka dan direndam dalam cairan fermentasi dan kemudian dikeringkan. Ikan kering itu kemudian dipanggang. Tetapi harus tenggang rasa dengan tetangga Anda saat membuat menu tersebut karena aromanya yang sangat tajam.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Aji furai, Ikan makerel goreng dengan tepung panir dari Jepang (2)• 4 ekor ikan makerel (panjang sekitar 20 cm)
• 1 butir telur
• Tepung terigu
• Tepung panir
• Garam dan lada
• 2 helai daun kol yang besar
• Minyak sayur

Cara Memasak

1. Bersihkan sisik yang keras di setiap sisi dekat ekor dan potong sirip dada serta kepala ikan sekaligus. Gunakan gagang sendok untuk membersihkan isi perut ikan. Bersihkan bagian dalam dan luar ikan secara menyeluruh lalu dikeringkan dengan lap bersih atau tisu dapur.

Aji furai, Ikan makerel goreng dengan tepung panir dari Jepang (3)2. Baringkan ikan di talenan dengan posisi sirip punggung menghadap ke Anda dengan bagian ekor di sisi kiri dan bagian kepala di sisi kanan. Miringkan pisau dengan sudut rendah dan hampir sejajar dengan talenan, lalu sayat ikan di sepanjang sirip punggung. Potong daging ikan di sepanjang tulangnya. Goyangkan pisaunya sedikit saat memotong untuk membuka daging ikannya. Harap berhati-hati jangan sampai kulit di bagian perut ikan turut terpotong. Kulit ikan harus tetap menempel dengan dagingnya saat ikan dibelah. Balikkan ikannya dengan posisi kulit di atas dan bagian sirip punggung menghadap arah Anda lagi. Sekali lagi miringkan pisau dengan sudut yang rendah dan potong daging di atas sirip punggung. Gerakkan pisau dengan perlahan saat mencabut sirip dan tulang dari daging ikan. Terakhir potong tulang di posisi yang menempel dengan ekor.

3. Iris-iris tipis daun kol dan rendam di dalam air dingin selama sekitar 5 menit, lalu tiriskan. Pecahkan dan kocok telur dengan satu sendok makan air di dalam cawan. Bumbui ikan dengan sedikit garam dan lada. Lapisi setiap sisi ikan dengan tepung terigu, tepuk-tepuk ikan dengan tangan untuk menghilangkan tepung yang berlebihan. Lalu lapisi lagi kedua sisi dengan telur kocok dan tepung panir.

Aji furai, Ikan makerel goreng dengan tepung panir dari Jepang (4)4. Panaskan minyak hingga 170°C. Goreng ikan satu per satu hingga berwarna cokelat keemasan. Proses menggoreng berlangsung sekitar dua menit. Ikannya saat pertama kali digoreng akan tenggelam ke dasar penggorengan tetapi perlahan akan naik ke permukaan. Gelembung minyak saat ikan digoreng akan semakin mengecil sebagai tanda bahwa ikannya sudah matang. Angkat ikannya dari penggorengan. Letakkan irisan daun kol di sisi ikan sebagai hiasan, dan sajikan.

Source : kokiers.com
COMMENT