SHARE THIS ARTICLE
Ilustasi militer Jepang
Ilustasi militer Jepang

Militer Jepang punya cara unik untuk menarik minat penduduknya, agar masuk ke dunia militer. Militer negeri Matahari Terbit itu menempuh cara unik dan kreatif, yaitu melalui game ponsel pintar.

Dikutip dari Phys.org, Rabu 25 Maret 2015, game yang dimaksud yaitu Jieitai Collection. Game ini menampilkan karakter militer imut yang bertugas menjaga rumah yang ditinggalkan sang pemiliknya.

Karakter pada game itu beraksi layaknya seorang militer di dunia nyata. Karakter itu bisa merangkak di lantai, atau menghindari rintangan benda terbang tertentu.

Tujuan rilis game ini, yakni menarik para warga Jepang untuk tertarik masuk ke militer. Diketahui, tahun lalu angka minat masuk militer di Jepang menurun 10 persen.

Kami ingin orang-orang dari rentang kelompok usia yang luas, belajar apa yang dilakukan Pasukan Pertahanan Jepang (SDF),” ujar salah satu juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang.

Untuk kampanye ajakan masuk militer itu, otoritas pertahanan Jepang gencar memberikan propaganda game tersebut di YouTube dengan tagline khusus yaitu “Jadilah pasukan pertahanan (SDF) dan lindungi rumah Anda!“.

Game ini sekaligus juga untuk memoles citra kekuatan 230 ribu tentara Jepang.

Sementara itu, pada 2013, pasukan maritim Jepang juga meluncurkan kampanye online untuk mengundang masyarakat memilih personel favorit mereka melalui ponsel pintar.

Selain cara online, militer Jepang juga menempuh cara ini, agar bisa lebih dekat dengan warga. Misanya pada awal bulan ini, SDF menempatkan petugasnya dalam acara fashion khusus mengenang korban tsunami Jepang 2011, Tokyo Boys Collection.

Militer Jepang juga pernah menerbitkan majalah yang menampilkan model perempuan yang berpose dengan seragam militer.

Source : teknologi.news.viva.co.id
COMMENT