SHARE THIS ARTICLE

164652420150106-112013780x390

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mengunggah rekaman video sejumlah rapat yang sifatnya tertutup, seperti rapat pimpinan (rapim) dan rapat Tim Pembebasan Urusan Tanah (TPUT) di situs berbagi video, YouTube. Video-video itu diunggah oleh akun resmi Pemprov DKI, yakni PemprovDKI.

“Kami sudah mulai upload semua rapat ke YouTube. Kalian bisa lihat,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Kamis (15/1/2015).

Menurut Basuki, video-video rapat yang sudah diunggah ke YouTube tersebut telah menjadi bahan mata kuliah tata ruang dan pembangunan mahasiswa Indonesia yang belajar serta kuliah di Jepang. Mereka ikut mempelajari permasalahan pembangunan yang dihadapi Pemprov DKI melalui video tersebut.

Selain itu, kata Basuki, masalah pembebasan lahan yang dihadapi Pemprov DKI Jakarta juga dipelajari mahasiswa. “Video yang kami upload (unggah) juga jadi bahan mata kuliah di Jepang sebagai perbandingan studi kasus. Kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu. Mereka mempelajari semua,” kata Basuki.

Sekadar informasi, semua rapat dan kegiatan Pemprov DKI diunggah ke YouTube agar dapat dilihat warga. Kebijakan ini diterapkan Basuki sejak menjadi Wakil Gubernur DKI pada 2012 lalu. Tak hanya itu, Basuki juga pernah menginstruksikan boikot pembahasan APBD 2015 jika pihak legislatif tidak mau mengunggah kegiatan rapat ke YouTube.

Source : megapolitan.kompas
COMMENT