SHARE THIS ARTICLE

Maaf bisa menjadi satu kata yang sangat berat diucapkan bagi beberapa orang. Begitu sulitnya mengucap kata maaf ini sampai-sampai di Jepang ada bisnis jasa untuk mewakili Anda meminta maaf pada pihak yang dirugikan.

dok. Thinkstock
dok. Thinkstock

Rocket News 24 melaporkan jasa agensi minta maaf ini cukup marak di Jepang. Agensi tersebut hadir bukan karena ingin menghindari permintaan maaf, tapi karena orang-orang diliputi perasaan canggung saat harus mengucapkan kata tersebut. Perasaan canggung dan takut ini semakin menjadi-jadi ketika permintaan maaf dilakukan dengan bertemu muka.

Agensi yang menyediakan jasa ‘minta maaf’ ini menghadirkan berbagai layanan sesuai kebutuhan klien. Misalnya saja, agensi tersebut bisa mengirimkan orang yang berpura-pura menjadi orangtua si klien untuk meminta maaf saat ingin memutuskan jalinan cinta. Ada juga agensi yang menyediakan jasa berpura-pura menjadi istri saat si suami sedang ingin bolos dan mengajukan permintaan maaf ke kantor untuk izin tidak masuk kerja karena alasan sakit.

Harga dari jasa minta maaf ini berbeda-beda tergantung dari layanannya. Sebuah agensi bernama Shazaiya Aiga Pro menawarkan tarif 25 ribu yen untuk jasa minta maaf secara tatap muka. Sedangkan jika permintaan maaf dilakukan via email atau telepon harganya hanya 10 ribu yen.

Agensi lainnya bernama Nihon Shazai Dikokao menawarkan harga 3.500 yen untuk permintaan maaf standar. Ada juga agensi bernama Yokohama Benriya Natchan yang menawarkan layanan meminta maaf sambil menangis khususnya untuk berhadapan dengan orang yang sedang marah besar pada si klien.

Agensi yang menyediakan jasa minta maaf ini cukup diminati. 40% klien mereka adalah wanita berusia 20 sampai 40 tahun. Dan penyebab paling populer orang menggunakan jasa agensi untuk meminta maaf adalah ketika memiliki masalah keuangan atau bertengkar dengan orang terdekat.

COMMENT