SHARE THIS ARTICLE

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Dampak dari YouTube sangat besar bagi popularitas band-band di seluruh dunia, tak terkecuali di Jepang. Bahkan, YouTube bisa mencatat berapa kali sebuah video telah dilihat. Seiring berkembangnya waktu, ada beberapa band rock Jepang yang videonya disaksikan lebih dari 10 juta pasang mata.

Berikut 10 video band rock Jepang yang dilihat lebih dari 10 Juta viewers di YouTube.

1. Sekai no Owari

7 Video Band Rock Jepang yang dilihat lebih dari 10 Juta Viewers di YouTube (1)Band ini aslinya mengusung aliran indie pop, akan tetapi ada beberapa lagunya yang memiliki nuansa rock dengan sangat kental. Berkat lagu RPG, Sekai no Owari langsung melonjak popularitasnya di Jepang dan dunia.

Di YouTube, RPG yang diunggah akun SEKAI NO OWARI CHANNEL sukses meraih sekitar 61,4 juta pasang mata hingga tulisan ini dimuat. Nuansa pop manis dengan komposisi instrumen yang pas, memberi kesan fantasi yang sangat kuat di dalam lagu RPG.

2. Flumpool

7 Video Band Rock Jepang yang dilihat lebih dari 10 Juta Viewers di YouTube (2)Berdiri sejak tahun 2007, Flumpool menjadi salah satu band pop rock Jepang yang cukup populer. Band ini mendapat perhatian lebih setelah merilis single Hana ni Nare pada 2008 melalui versi digital yang kemudian muncul di album perdana bertajuk Unreal.

Video Hana ni Nare telah mengundang 10,8 juta pasang mata yang melihat penampilan memukau Ryuta Yamamura (vokal, gitar), Kazuki Sakai (gitar), Genki Amakawa (bass), dan Seiji Ogura (drum) ini.

Sayangnya, akun YouTube pengunggah video ini, Flumpool00love tak bisa dibuka, menyiratkan bahwa akun tersebut tidak resmi. Akan tetapi, Hana ni Nare dan beberapa video Flumpool dalam akun tersebut masih dipertahankan. Kemungkinan besar, pihak band dan YouTube merasa sayang untuk menghapus video ini karena tingginya viewers.

3. Sakanaction

7 Video Band Rock Jepang yang dilihat lebih dari 10 Juta Viewers di YouTube (1)Band yang berasal dari  Sapporo, Hokkaido ini mengusung tema elektronika di balik musikalitas rock masing-masing personel. Salah satu yang bisa didengar adalah melalui Aruku Around yang telah mencapai 14,03 juta pasang mata melalui akun YouTube Victor Entertainment. Uniknya, video tersebut nyaris disalip oleh dua video lainnya yang juga diunggah Victor Entertainment, yaitu Identity dengan jumlah 13,06 juta viewers serta video Bach no Senritsu o Yoru ni Kiita Sei Desu dengan 12,5 juta viewers.

Band yang terdiri dari Ichiro Yamaguchi (vokal, gitar), Motoharu Iwadera (gitar), Ami Kusakari (bass), Emi Okazaki (keyboard), dan Keiichi Ejima (drum) ini dibentuk sejak 2005 dan baru mencapai puncak tangga Oricon sejak merilis album Sakanaction pada 2013 lalu.

4. Radwimps

Band yang terdiri dari kuartet Yojiro Noda (vokal), Akira Kuwahara (gitar, vokal), Yusuke Takeda (bass, vokal), dan Satoshi Yamaguchi (drum, vokal) memiliki kemampuan musik yang sangat diperhitungkan. Salah satunya adalah lagu Oshakashama yang rilis tahun 2009 lalu.

Oshakashama sendiri telah dilihat lebih dari 10 juta kali, tepatnya 20,2 juta pasang mata melalui akun YouTube radwimpsstaff hingga tulisan ini diturunkan. Video lainnya yang laris dilihat adalah Futarigoto dengan jumlah 15,5 juta pasang mata. Semenjak dibentuk pada 2001 lalu, Radwimps telah sukses merilis tujuh buah album. Altocolony no Teiri menjadi pembuka gerbang popularitas mereka hingga menjadi runner up di tangga musik Oricon.

5. Spitz

Terdiri dari  Masamune Kusano (vokal, gitar), Tetsuya Miwa (gitar, vokal), Akihiro Tamura (bass, vokal, pimpinan), dan Tatsuo Sakiyama (drum), Spitz hampir selalu menduduki peringkat teratas tangga musik Oricon setiap kali merilis single maupun album baru.

Saat video berjudul Robinson yang diambil dari salah satu lagu hitsnya diunggah di YouTube, para pengguna langsung menontonnya. Alhasil, video yang diunggah Spitzclips tersebut telah mencapai 24,6 juta pasang mata. Cherry menyusul kemudian dengan jumlah pemirsa 18,1 juta viewers.

6. HY

7 Video Band Rock Jepang yang dilihat lebih dari 10 Juta Viewers di YouTube (3)Band yang terdiri dari Yuhei Miyazato (gitar), Shun Naka (drum, rap), Shinsuke Kyoda (bass), Hideyuki Shinzato (gitar, vokal), dan Izumi Nakasone (keyboard, vokal) ini, eksis sejak tahun 2000 dan konsisten mengusung aliran rock alternatif. Diambil dari album kedua mereka berjudul Street Story yang rilis 2003 lalu, single AM 11:00 sempat mendongkrak pasar musik Jepang kala itu. Saking populernya, beberapa video HY pun diunggah ke YouTube, termasuk lagu tersebut.

Sayangnya, video AM 11:00 bukan diunggah oleh akun resmi. Meskipun begitu, video yang diunggah oleh akun winrysdarkside itu telah mengundang 16,1 juta pasang mata dunia.

7. ONE OK ROCK

7 Video Band Rock Jepang yang dilihat lebih dari 10 Juta Viewers di YouTube (4)Band yang lagunya dipakai untuk soundtrack live action Rurouni Kenshin ini telah menjadi band rock Jepang paling populer di dunia abad ini. Bayangkan saja, beberapa kali mereka satu panggung dengan band-band rock kelas internasional. Bahkan, sang vokalis pernah berkolaborasi dengan Simple Plan.

Puncak popularitas One Ok Rock adalah saat mereka merilis album Jinsei x Boku pada 2013 lalu yang di dalamnya terdapat hits single The Beginning. Video lagunya sendiri telah meraih 36,9 juta pasang mata melalui akun YouTube ONEOKROCKchannel.

Mana band yang menjadi favorit kalian?

Source : okepop.com
COMMENT