SHARE THIS ARTICLE

Sejak lama orang Jepang dikenal sebagai manusia yang memiliki fisik yang kuat serta umur yang panjang. Diantara masyarakat Jepang, orang Okinawa memiliki usia rata-rata harapan hidup hingga 82 tahun, termasuk yang tertua di dunia.

Umur panjang yang mereka miliki sejalan dengan tubuh yang sehat. Penderita sakit jantung di Okinawa, 80 persen lebih sedikit dan penderita kanker 75 persen lebih sedikit dibandingkan di Amerika Serikat.

Berbagai penelitian pun mencari tahu alasan mengapa mereka memiliki umur panjang, salah satunya studi yang dilakukan dari Joh Hopkins University. Peneliti berhasil merumuskan rahasaia panjang umur dari makanan yang dimakan. Salah satunya dengan mengonsumsi minimal tujuh sajian sayuran berwarna hijau gelap per harinya.

Selain itu, mereka juga makan biji-bijian, buah, makanan yang berasal dari kedelai, ikan, serrta alkohol dalam porsi yang cukup. Menurut dokter Phaidon Toruan dan dokter Widya Murni dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat, intinya orang Okinawa mengonsumsi makanan kaya karbohidrat kompleks dan makanan berbasis tanaman dan makanan rendah lemak.

Source : health.liputan6
COMMENT