SHARE THIS ARTICLE
image: Japanican.com
image: Japanican.com

Pernahkan kalian mendengarkan peribahasa yang berbunyi, “Jangan pernah berkata kekko (puas atau indah) kalau belum mampir ke Nikko” ? Ya, kota kecil yang terletak di prefektur Tochigi, Jepang ini menyimpan banyak sekali potensi wisata, mulai dari alam, budaya, kuil hingga makanan. Untuk memuaskan wisata kuliner kalian, kali ini ada 6 makanan khas Nikko yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini.

1. Yuba

image: japanweek.us
image: japanweek.us

Makanan unik yang terbuat dari lapisan tipis atas susu kedelai saat direbus ini, atau akrab disebut kulit tahu, banyak ditemui di Nikko dalam berbagai variasi sebagai makanan khas. Sejarahnya dimulai dari para biksu di zaman dahulu yang mencari alternatif makanan dari sayuran. Karena dalam prosesnya lebih banyak tahu yang dihasilkan daripada yuba, harganya relatif lebih mahal di Jepang. Untung saja Nikko menyediakan makanan ini dalam harga yang lumayan terjangkau.

2. Yuba Buatan Rumah

image: howibecametexan.com
image: howibecametexan.com

Beberapa toko sushi memiliki resep turunan keluarga dari tradisi ke generasi yang patut dicoba. Jangan lupa sambil membeli sushi untuk memesan yuba buatan rumah mereka. Biasanya buatan toko sushi lebih kenyal dan lebih alami rasanya.

3. Sashimi Yuba

image: Tokyofood.blog
image: Tokyofood.blog

Tidak hanya ikan yang bisa disajikan secara sashimi (mentah) melainkan juga yuba. Di Nikko ada tempat yang menjual sashimi yuba yang dikelola oleh seorang ibu tua. Tempatnya tidak jauh dari objek wisata terkenal air terjun Kegon. Sempatkan waktu kalian untuk mencoba sensasi makan yang berbeda.

4. Udon Dingin Celup

image: doyouknowjapan.com
image: doyouknowjapan.com

Area sekeliling kuil terkenal dengan restoran soba dan udon yang menggoyang lidah. Udon secara bentuk berbeda dengan soba karena mie ini lebih tebal dan berwarna putih. Untuk mereka yang tidak terlalu suka makanan yang banyak mengandung bumbu, udon celup dingin ini sangat wajib dicoba.

5. Soba Kaldu Ayam

image: howibecametexan.com
image: howibecametexan.com

Untuk soal variasi, soba yang terbuat dari gandum hitam ini dapat disajikan dingin atau dengan kaldu. Soba yang biasa dijual di Nikko adalah soba berkuah kaldu yang disajikan lengkap dengan yuba, daun hijau, daun bawang dan ikan murni.

6. Sushi/Sashimi

image: sushibob
image: sushibob

Adakah yang lebih menyenangkan daripada sushi dan sashimi? Sama seperti yuba, setiap restoran rumah memiliki rasa yang khas. Cobalah untuk berkunjung dan kalian mungkin bisa mendapat tiga paket sekaligus yang berisi sushi, sashimi atau yuba.

Untuk kalian yang pernah berkunjung ke Nikko, adakah makanan di atas ini yang pernah dicicipi? Bagaimana rasanya?

Source : texan in tokyo
COMMENT