SHARE THIS ARTICLE

6 Jenis Bahan Makanan Jepang yang Menyehatkan TubuhSiapa yang tidak suka dengan makanan Jepang. Hampir dipastikan bahwa semua orang yang pernah mencicipi makanan Jepang akan mengatakan menyukainya dan ingin mencicipi lagi di lain hari.

Bahkan seluruh kalangan menyukainya dan makanan khas Jepang ini juga sudah dianggap sebagai salah satu masakan yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Walaupun semua makanan Jepang tidak dapat dikategorikan sebagai makanan sehat, namun sebagian besar dari makanan khas Jepang terdiri dari makanan sehat seperti ikan, sayuran dan tahu yang non – lemak sehingga sangat baik untuk dijadikan pangan diet. Makanan Jepang juga disajikan dalam porsi kecil untuk mencegah makan berlebihan.

Makanan Jepang juga akan menyajikan kepuasan mata. Makanan lezat rendah kalori yang disajikan dengan menggunakan hiasan dan tidak jarang dihidangkan dalam bentuk yang lucu sehingga menarik minat untuk mengkonsumsinya. Meskipun demikian, bukan hanya bentuk atau sajian saja yang dapat memanjakan Anda, tetapi juga manfaat kesehatan dari makanan Jepang.

Mau tahu manfaat dari beberapa bahan makanan khas Jepang yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Teh hijau

Orang Jepang sangat gemar minum teh, seperti teh melati, teh wangi dan teh hijau adalah beberapa jenis varian teh favorit mereka. Mereka tidak menambahkan susu dan gula pada teh karena itu akan diperoleh manfaat maksimal dari teh kesehatan.

Teh hijau memiliki banyak antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal lain yang dapat Anda dapatkan dari teh hijau yaitu membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga mencegah Anda dari keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Ikan

Ada banyak jenis ikan yang disajikan dalam masakan Jepang dan  dibuat dengan berbagai cara. Sebut saja sushi, ikan yang dikonsumsi mentah ini menggunakan saos khusus yang dapat dinikmati secara langsung. Teriyaki gulungan yang biasanya digoreng, dipanggang, rebus atau dikukus.

Mengonsumsi ikan secara langsung (dalam artian tidak diolah misalnya digoreng atau dibakar) tidak akan mengurangi jumlah kandungan gizi pada ikan sehingga manfaat yang diperoleh akan sempurna. Anda dapat memiliki asupan omega-3 dan protein dalam ikan yang sangat baik untuk tubuh dan kulit.

3. Kedelai

Selain ikan, Jepang juga biasanya menggunakan bahan dasar kedelai, tahu dan natto sebagai makanan pokok dan sebagai sumber protein. Bahan makanan ini memiliki kandungan lemak yang rendah dan mengandung lebih banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Masyarakat Jepang menggunakan kedelai untuk membuat saus, mie dan makanan lainnya .

4. Tepung soba

Orang Jepang menambahkan banyak tepung soba dalam beberapa masakan mereka karena sangat baik dalam membantu proses pencernaan. Mie jepang biasanya terbuat dari tepung soba karena  lebih mudah dicerna dan cepat dibandingkan dengan mie yang terbuat dari tepung putih.

5. Sayur-sayuran

Apapun jenis makanan yang dipesan pada di restaurant Jepang maka sayur akan selalu ada dalam menu mereka. Sayur seperti rebung, burdock, kubis Cina, acar sayuran, jagung, lobak daikon, terong, jamur, kedelai, ubi jalar dan paprika hijau biasanya akan diolah menjadi sup dengan kuah kaldu.

6. Beras

Makanan khas Jepang menggunakan beras sebagai bahan baku dan masih merupakan salah satu bahan diet yang paling sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Beras dapat menjadi sumber yang kaya karbohidrat untuk tubuh dan mengenyangkan perut.

**

Demikian beberapa jenis bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan Jepang. Bahan makanan tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Karena itu, saat mengunjungi restaurant Jepang jangan heran jika Anda harus mengeluarkan banyak biaya karena biaya yang diberikan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

(Image by © Roulier/Turiot/photocuisine/Corbis)

Source : teruskan.com
COMMENT