SHARE THIS ARTICLE
Tanpa banyak teknik pengolahan, nutrisi makanan Jepang tetap terjaga.
Tanpa banyak teknik pengolahan, nutrisi makanan Jepang tetap terjaga.

Menu makanan sehat menjadi kiblat kuliner seluruh dunia. Salah satunya adalah Negeri Sakura. Tenar dengan sajian mentah dan rebusan membuat Jepang duduki peringkat atas untuk makanan sehat.

Tengok saja sushi dan shabu-shabu, teknik masak yang singkat dan bumbu yang minim membuat dua santapan ini kaya nutrisi. Selain teknik dan bumbu, makanan Jepang juga dikenal dengan bahan-bahan alami yang kaya vitamin dan mineral. Melansir Boldsky, berikut ini adalah alasan makanan Jepang duduki peringkat atas dunia untuk kesehatan.

Jantung sehat
Identik dengan makanan laut, membuat makanan Jepang kaya akan protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Jika ditandingi dengan protein daging, kandungan nutrisi makanan laut lebih bersahabat dan tidak berujung pada kolesterol.

Masakan direbus
Shabu-shabu adalah salah satu jenis makanan Jepang yang menggunakan teknik rebus. Tujuannya adalah agar makanan tidak terlalu matang dan nutrisi tetap terjaga. Jika diperhatikan bumbu yang digunakan pun tidak terlalu beragam sehingga menghasilkan rasa netral dan mudah diterima di lidah setiap orang.

Kedelai
Kedelai menjadi kunci kesehatan masyarakat Jepang berikutnya. Kaya akan kandungan aktioksidan dan vitamin E. Kedelai oleh masyarakat Jepang umumnya difermentasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Stir fry
Hidup sehat, tidak membuat Jepang menghilangkan minyak dari kehidupan sehari-hari. Saat menggunakan minyak dalam masakan, mereka menggunakan teknik stir fry yang hanya menggunakan minyak sedikit.

Kaya antioksidan
Menu makanan untuk diet di negara Jepang kaya akan antioksidan. Ikan dan sayuran mentah memiliki maksimum antioksidan. Masyarakat Jepang memasak sangat minimal jadi mereka banyak mendapatkan antioksidan.

Rumput laut
Rumput laut merupakan makanan sangat yang langka di dunia. Tapi di Jepang ini adalah makanan wajib. Hampir di setiap makanan rumput laut digunakan, mulai dari sushi, roti hingga hidangan sup. Tumbuhan laut ini dikenal dengan kandungan mineral yang tinggi.

Source : life.viva.co.id
COMMENT