SHARE THIS ARTICLE

Sebagai salah satu negara yang dikenal sebagai negara termahal di dunia, Jepang memiliki sejarah panjang akan aneka makanan dengan harga yang fantastis. Dimulai sejak era fodal dimana para elit politik mencoba membuat lawannya terkesan akan kekuasaan dan superioritasnya dengan cara menghadirkan beragam kuliner yang langka dan mahal, aneka makanan mahal yang terkesan elit pun terus dikenal hingga era modern, terutama karena tradisi saling memberikan hadiah berkembang seiring dengan kapitalisme. Namun jika kalian penasaran, berikut ini daftar makanan termahal di Jepang:

1. Hon-maguro (Pacific Bluefin Tuna)

japantimes.co.jp
japantimes.co.jp

“Hon-maguro” segar tercatat sebagai ikan dengan harga termahal. Memang harganya sangat fluktuatif, namun setiap kali pelelangan ikan dimulai, harga awalnya saja bisa membuat mata terbelalak. Pada tahun 2013 saja, untuk tuna seberat 222 kg saja hara per-kilogram-nya bisa mencapai 70000 yen, yang berarti kira-kira 154,4 juta yen hanya untuk satu ikan saja!

2. Yubari Melon

bornrich.com
bornrich.com

“Yubari King Melon” sudah lama dianggap sebagai buah terlangka dan termahal di Jepang. Terkadang untuk mendapatkan melon ini hanya bisa dilakukan melalui pelelangan dan harganya bisa mencapai 26000 $! Harga melon ini bisa selangit karena kualitasnya yang sangat tinggi dan bentuknya yang sempurna dan cantik.

3. Densuke Watermelon

1c densuke
tokyotimes.com

Semangka hitam ini diproduksi di kota Toma, pulau Hokaido, dan dijual dengan harga 350000 yen dalam sebuah pelelangan baru-baru ini. Harga ini bukan kebetulan, karena pada tahun 2012 dan 2011 harganya pun hampir serupa. Bahkan saat semangka ini pertama kali dipanen tahun 2008, harganya bisa mencapai 650000 yen (kira-kira 6300 $)! Beberapa faktor yang membuat harganya mahal adalah warnanya yang hitam, dan karena semangka ini hanya bisa tumbuh di Hokaido.

1d water-heart
kotaku.com
1e water-square
kotaku.com

Ngomong-ngomong, bukan hanya semangka hitam saja yang mahal. “Semangka kotak”, “semangka hati”, dan “semangka godzilla” juga memiliki harga yang wow.

4. Matsutake

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Jamur Matsutake ini sangat sulit ditemukan. Itulah sebabnya jamur ini harganya bisa selangit, terutama jika jamurnya bukan jamur budidaya dan dipetik di awal musim. Betapa tidak, harganya bisa mencapai 2000 $ per-kilogram! Untuk mengatasi kelangkaan matsutake, Jepang meng-impor matsutake dari berbagai negara. Namun harga matsutake impor tersebut tidak setinggi matsutake asli Jepang, yaitu kira-kira 90$ per-kilogram.

5. Wagyu

1g wagyu
elitemadzone.org

Wagyu, secara harfiah diartikan sebagai “sapi Jepang”, merupakan sebutan untuk sapi yang dibesarkan dengan cara khusus untuk memproduksi daging dengan kualitas yang sangat tinggi. Rumornya, sapi-sapi tersebut dibesarkan dengan diet khusus dan juga dipijat dengan sake. Tujuannya agar sapi-sapi tersebut memiliki kulit yang lembut, yang dipercaya akan mempengaruhi kualitas daging. Harga daging ini sangat bervariasi, namun bisa mencapai $250 per-pund. Jika di eksport ke luar negeri, harganya bisa mencapai $2800 per potong. Pada tahun 1989, satu ekor sapi Matsuzaka terjual dengan harga $392000!

japanguidebook.com
japanguidebook.com

Jadi ingatlah, jika suatu saat nanti kalian berkesempatan untuk berkunjung ke Jepang dan mencicipi makanan-makanan ini, jangan lupa untuk makan perlahan-lahan dan nikmati selama mungkin karena harga satu gigit makanan tersebut mungkin saja setara dengan uang saku kalian.

Source : kawaii-curation
COMMENT