SHARE THIS ARTICLE

Kalau ditanya tentang makanan Jepang, yang terlintas di pikiran kalian mungkin paling umumnya sushi dan ramen, udon, serta per-mie-an lainnya. Tapi, seperti Indonesia, dunia kuliner Jepang sangat luas, dan bahkan mereka punya beberapa kekayaan kuliner yang mungkin tidak sedap dipandang, tapi terasa lezat di lidah. Beberapa di antaranya adalah 5 makanan berikut ini yang boleh dicoba oleh kalian-kalian yang tidak gampang mual.

1. Monjayaki

5 Makanan Jepang Yang Tampak Menjijikan Tapi Sebenarnya Lezat - Monjayaki 1

Sekilas terlihat seperti muntahan yang menjijikan, makanan ‘adonan goreng’ khas Tokyo ini memiliki bahan dasar sama seperti okonomiyaki ‘martabaknya Jepang’, tapi karena mengandung dashi (kaldu), tekstur adonannya menjadi lebih cair, hingga membuat rupanya terlihat menjijikan. Tapi jangan salah, dengan berbagai macam variasi seperti mochi mentaiko, mapo tofu dan risotto keju brokoli, monjayaki jauh lebih enak dari kelihatannya, lho!

2. Shirasu

5 Makanan Jepang Yang Tampak Menjijikan Tapi Sebenarnya Lezat - Shirasu

Di Indonesia kita mungkin doyan dan sudah sering makan ikan teri asin yang nikmatnya luar biasa dicampur nasi hangat. Tapi, pernah terpikir makan teri mentah? Ya, Jepang yang memang penggemar berbagai makanan mentah memakan shirasu alias teri atau bayi ikan sarden mentah sebagai topping dalam jumlah banyak yang biasanya sampai menutupi permukaan nasi dalam mangkuk. Rasanya sebenarnya tidak terlalu tajam, dan ikan yang populer di tepi laut Enoshima ini di sana bahkan dibuat menjadi bahan es krim!

5 Makanan Jepang Yang Tampak Menjijikan Tapi Sebenarnya Lezat - Shirasu 2

3. Basashi

5 Makanan Jepang Yang Tampak Menjijikan Tapi Sebenarnya Lezat - Basashi - 3

Satu lagi yang tak lazim dimakan mentah, kuliner yang satu ini mungkin tidak cocok bagi kalian para pencinta binatang. Pasalnya, basashi adalah daging kuda mentah yang disajikan dingin dan biasanya dimakan dengan dicelupkan ke dalam soy sauce dan jahe parut.

4. Natto

5 Makanan Jepang Yang Tampak Menjijikan Tapi Sebenarnya Lezat - Natto - 4

Yang satu ini dijamin sudah umum kalian kenal, terutama yang suka nonton anime dan baca manga. Natto di Jepang merupakan bagian dari menu sarapan sehat yang terdiri dari sup miso, semangkuk nasi, ikan bakar, sayur-mayur, dan natto, kacang kedelai yang difermentasikan dengan bakteri jenis tertentu. Natto memang tampak berlendir, punya bau khas yang kuat, dan memiliki ‘benang-benang lengket’ saat diambil memakai sumpit; tekstur yang disebut orang Jepang sebagai ‘nebaneba‘. Tapi, natto adalah makanan bergizi tinggi yang nikmat (bagi mereka yang suka) disantap dengan campuran soy sauce, mustard, daun bawang, telur mentah, nasi, roti panggang, tahu goreng, gyoza, dan masih banyak lagi.

5. Horumon

5 Makanan Jepang Yang Tampak Menjijikan Tapi Sebenarnya Lezat - Horumon 5

Arti horumon (atau motsu) adalah ‘bagian-bagian yang dibuang’ alias apa yang kita kenal sebagai jeroan. Jeroan di Jepang biasanya terdiri dari organ-organ babi dan sapi yang dipanggang di atas arang binchotan dan dibumbui dengan saus tare (campuran soy sauce, sake, mirin, dan gula) atau garam saja. Kita tahu bahwa jeroan adalah salah satu penyebab kolesterol, tapi rupanya banyak orang Jepang percaya bahwa menyantap horumonyaki membuat seseorang ‘genki’ (bertenaga atau berstamina tinggi).

Sources :
COMMENT