SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang, ada tradisi yang dilakukan tiap tahun baru, yang bernama hatsumoude. Hatsumoude adalah kunjungan pertama ke kuil atau jinja di tahun yang baru. Masa-masa tahun baru adalah saat di mana jinja dan kuil penuh sesak oleh para pengunjung. Nah, berikut ini adalah beberapa jinja yang cocok dikunjungi pada tahun baru di Jepang.

Atsuta Jinja – Nagoya

Setiap tahunnya, banyak pengunjung yang datang ke salah satu jinja terdepan di Jepang ini. Event Hatsu-ebisu yang diadakan di kuil ini pada tanggal 5 Januari tetap mengundang banyak pengunjung walaupun libur resmi tahun baru hanya berlangsung sampai tanggal 3 Januari saja.

Daizaifu Tenmagu – Fukuoka

Jinja yang didedikasikan untuk bangsawan zaman Heian, Sugawara-no-Michizane ini mengepalai sebuah grup yang terdiri atas 12 ribu jinja. Setiap tahunnya, lebih dari 2 juta orang datang ke jinja ini untuk melakukan hatsumoude.

Sumiyoshi-taisha  –  Osaka

Jinja ini mengepalai lebih dari 2300 buah jinja yang tersebar di seluruh Jepang. Di pinggir jalan menuju jinja ini dipenuhi dengan banyak toko dan banyaknya pengunjung di jinja ini membuat atmosfernya sangat hidup.

Fushimi Inari-taisha – Kyoto

Jinja besar ini didedikasikan kepada Inari, dewa pertanian dan agrikultur, dan mengepalai sekitar 30 ribu jinja yang tersebar di seluruh Jepang. Di sini, kalian akan dapat melihat Senbontorii, pemandangan deretan gerbang torii berwarna merah yang sangat indah dan mengesankan.

Tokyo Suitengu – Tokyo

Jinja ini dikenal sebagai tempat untuk mendoakan kelancaran saat kehamilan dan membesarkan anak, serta banyak yang mendoakan hal-hal tersebut di kala tahun baru. Selain itu, jinja ini juga populer karena letaknya berdekatan dengan tempat belanja dan jalan-jalan yang terkenal seperti Ginza dan Nihonbashi.

Demikian adalah 5 jinja yang terpopuler di kalangan orang Jepang untuk dikunjungi pada tahun baru. Selain jinja-jinja ini tentunya banyak jinja lain yang juga ramai di tiap perayaan tahun baru. Misalnya kalian berada di Jepang, jinja manakah yang ingin kalian datangi pada saat tahun baru di Jepang?

(All image: Rakuten Travel)

Source : rakuten.com
COMMENT