SHARE THIS ARTICLE

Mungkin saat kalian sedang tour ke Jepang yang hanya di kepala kalian tentang gunung di Jepang adalah hanya Gunung Fuji saja, namun tidak hanya itu saja gunung besar di Jepang. Terdapat 109 gunung berapi aktif di Jepang atau sekitar 10 persen dari seluruh gunung berapi aktif di dunia. Dan dengan lebih dari 70 persen dari wilayah Jepang tertutup pegunungan, tidak mengherankan jika gunung berapi memainkan peran penting dalam budaya dan mitologi Jepang. Gunung berapi juga memegang pernanan tinggi terhadap geologi dari jepang sendiri. Berikut adalah lima gunung berapi paling terkenal di Jepang.

Gunung-Fuji
Gunung Fuji

Gunung Fuji

Terletak kurang dari dua jam dari Tokyo, Gunung Fuji adalah landmark paling dikenal di Jepang, dan selalu dikunjungi oleh lebih dari 300.000 orang setiap tahun. Legenda setempat mengatakan bahwa Gunung Fuji diciptakan dalam satu hari, dan secara geologis, gunung berapi yang ada saat ini diyakini telah terbentuk di atas gunung berapi yang berusia lebih tua – sekitar 10.000 tahun yang lalu. Puncak gunung ini mencapai 3.800 meter dan dapat dinikmati dari dekat Tenjo-Yama Park, di mana mobil kabel membawa pengunjung naik pada ketinggian 1.000 meter untuk menikmati keindahan Gunung Fuji.

gunung-aso
Gunung Aso

Gunung Aso

Gunung Aso, atau juga biasa disebut Aso-san, sebenarnya adalah lima puncak gunung berapi yang terpisah. Terletak di pulau selatan Jepang, Kyushu, dekat kota Kumamoto, salah satu dari lima gunung berapi Aso dinamai Gunung Nakadake. Gunung ini masih aktif sampai sekarang dan merupakan daya tarik utama di daerah tersebut. Tetapi, ketika gunung berapi memuntahkan gas beracunnya, seluruh daerah di sekitarnya seketika lumpuh.

gunung-unzen
Gunung Unzen

Gunung Unzen

Dekat kota Shimabara, di pulau Kyushu, terdapat sebuah kelompok gunung berapi yang dikenal sebagai Gunung Unzen. Letusan gunung berapi ini terjadi enam juta tahun yang lalu, dan sebuah taman nasional pun kemudian didirikan pada tahun 1934 di gunung tersebut. Dan untuk mengakomodasi pengunjung yang datang, mulai bermunculan desa kecil di sekitar gunung. Pada tahun 1990, salah satu gunung berapi Unzen, Gunung Fugen, menunjukkan serangkaian letusan. Saat ini, gunung berapi tersebut tertidur lagi, dan pengunjung dapat mendaki puncaknya yang memiliki ketinggian 1.359 meteran di atas permukaan laut.

Gunung-sakurajima
Gunung Sakurajima

Gunung Sakurajima

Gunung Sakurajima langsung berhadapan dengan kota bersejarah Kagoshima di pulau Kyushu. Sakurajima terdiri dari tiga gunung berapi yang membentuk stratovulkan. Dari ketiga gunung tersebut, Minami-dake adalah gunung berapi yang baru-baru ini kembali aktif. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Sakurajima, mereka bisa menikmatinya dari Yunohira Lookout, yang dapat dicapai sekitar dua jam berjalan kaki atau beberapa menit dengan mobil.

gunung-asama
Gunung Asama

Gunung Asama

Terletak di pusat pulau utama Jepang, Honshu, Gunung Asama menjulang setinggi 2.568 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di kota resor Karuizawa dan terkenal karena letusannya yang terjadi pada 1783 silam, yang berhasil menewaskan 1.500 jiwa. Gunung ini merupakan gunung berapi paling aktif di Honshu, dan baru saja meletus tahun 2009 – yang mengirim abunya hingga ke Tokyo. Meskipun berpotensi untuk meletus, Gunung Asama tetap menjadi tujuan wisata populer di Jepang.

Source : exploringnation.com
COMMENT