SHARE THIS ARTICLE
Di Jepang sendiri, matcha selain digunakan dalam tradisi minum teh juga digunakan sebagai bahan pewarna dan penambah cita rasa makanan.
Di Jepang sendiri, matcha selain digunakan dalam tradisi minum teh juga digunakan sebagai bahan pewarna dan penambah cita rasa makanan.

Siapa yang tidak suka matcha green tea? Teh hijau berbentuk bubuk dari Jepang ini kian populer di Indonesia. Di Jepang sendiri, matcha selain digunakan dalam tradisi minum teh juga digunakan sebagai bahan pewarna dan penambah cita rasa makanan.

Terus, apa ada manfaat lain dari matcha? Buat kamu yang suka sekali dengan teh hijau terutama matcha, harus tahu dong manfaat dari matcha, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (5/4):

1. Seluruh kandungan teh hijau dapat dirasakan manfaatnya
Ketika kamu menyeduh teh, hanya sebagian kandungan di dalam teh tersebut yang kita konsumsi. Sedangkan kandungan lainnya yang ada pada daun teh terbuang percuma. Salah satu jalannya supaya bisa menggunakan manfaat dari kandungan daun teh hijau secara penuh ialah mengonsumsi seutuhnya.

Nah, dengan dibuat menjadi bubuk atau matcha, seluruh kandungan teh hijau dapat kita rasakan manfaatnya secara keseluruhan. Vitamin, antioksidan, mineral dan asam amino yang dikandungnya dapat kita manfaatkan semua.

2. Matcha punya anti oksidan pemberantas kanker
Khasiat matcha bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, karena kandungan antioksidannya (yang disebut polifenol) 10 kali lebih tinggi daripada teh-teh hijau pada umumnya. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah penuaan dan mencegah penyakit kronis. Berdasarkan penelitian, Tuft University USA, dengan metode ORAC (Oxigent Radical Absorban Capacity) didapat kandungan anti oksidan matcha jauh mengalahkan kandungan dari Pomegranates ataupun Blueberry.

Vitamin, mineral, dan serat minuman ini juga bermanfaat untuk proses detoks. Ditambah lagi matcha mempunyai kandungan antioksidan Catechin EGCg (epigallocatechin gallate). Catechin EGCg ini mengandung zat pemberantas kanker. Dan lebih lagi catechin ini dapat melawan zat-zat radikal bebas yang dihasilkan dari polusi, sinar UV, radiasi dan zat kimia yang bisa merusak sel dan DNA.

3. Energy dan mood booster
Satu dari keuntungan yang tidak terduga dari para peminum matcha ialah meningkatkan energi. Jadi dengan meminum matcha bisa membantu kamu melewati hari. Ini berasal dari kandungan kafein dalam matcha. Karena kamu mengonsumsi seluruh daun di matcha, kamu mungkin mendapatkan tiga kali lebih banyak kafein dari secangkir teh biasa. Bahkan prajurit Jepang mempercayakan matcha sebagai minuman menyegarkan di masa-masa perang.

Pecinta matcha mengatakan bahwa dibandingkan dengan kafein dari kopi, matcha dapat membantu relaksasi dan mencegah stres. Hal ini karena matcha kaya akan L-Theanine. Sebenarnya L-Theanine adalah kandungan umum yang terdapat pada teh hijau/teh hitam. Tetapi dalam matcha kandungannya sekitar 5 kalinya. Dan manfaat tambahan lainnya ialah L-Theanine yang dipercaya bisa membantu membangkitkan suasana hati dan meningkatkan konsentrasi, sehingga membantu kamu untuk tetap fokus.

4. Teman meditasi yang mudah
Selama lebih dari satu abad, Matcha Green Tea telah digunakan oleh Taois China dan Jepang biksu Zen Buddha sebagai minuman untuk bersantai dan teman meditasi. Meditasi dalam bentuk apapun, memiliki segudang manfaat. Sudah terbukti meditasi dapat mengurangi kortisol. Kadar kortisol yang tinggi dan berkepanjangan dapat menyebabkan kadar gula darah dan insulin meningkat dan tetap bertahan pada tingkat tinggi.

Terlalu banyak kortisol juga dapat meningkatkan berat badan dan menghasilkan kegemukan yang menetap, khususnya bagian perut. Tak hanya itu terlalu banyak kortisol dalam tubuh dapat mengurangi kalsium, magnesium dan potasium dalam tulang. Itu dapat menyebabkan kerapuhan tulang (osteoporosis). Oleh karena itu dengan meminum segelas matcha bisa jadi teman meditasi yang mudah sekaligus murah.

5. Bisa diaplikasikan ke dalam resep makanan atau minuman
Bukan hanya sebagai minuman, matcha bisa digunakan sebagai bahan dalam hidangan makanan yang manis dan gurih. Coba saja kamu googling dan mencari resep dari matcha, kamu akan menemukan segala jenis makanan yang terbuat dari bubuk hijau ini. Mulai dari muffin, puding, cookies bahkan sup.

Belum lagi, kuliner serba teh hijau sekarang memang semakin laku keras. Mulai dari cake, es krim hingga kue cubit. Tak heran kalau makanan dan minuman serba green tea menjadi salah satu primadona kuliner saat ini di kalangan anak muda. Karena sudah merambah berbagai makanan modern dan tak lagi konvensional penyajiannya, banyak yang berminat mencoba. Luckily, it taste good. Rasanya pun tidak sulit diterima oleh lidahnya orang Indonesia.

Source : brilio.net
COMMENT