SHARE THIS ARTICLE
image: kiwipot
image: kiwipot

Di benak sebagian besar wisatawan, Kyoto adalah kota dengan ribuan kuil dan ibukota Jepang kuno dengan sisi historisnya yang mengagumkan. Tapi terlepas dari itu, Kyoto juga terkenal dengan kue dan snack-nya yang khas, lho. Berikut ini adalah empat snack terbaik yang hanya dapat ditemukan di Kyoto. Ada yang pernah mencobanya?

4. Ajari Mochi

Mochi ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari topi bundar dan menguncup dari biksu Ajari, figur penganut Budha tertinggi tingkatnya di Kyoto. Legenda mengatakan bila Ajari Mochi lahir saat para biksu ini ingin menahan lapar mereka saat pelatihan. Sekarang, kue beras ini kian lezat dengan tambahan kacang merah Azuki di dalamnya.

ajari mochi
image: tsunagujapan

3. Senju Senbei

Cukup letakkan krim manis di antara dua kue wafer ringan dan jadilah snack tradisional ini. Senju Senbei dapat dengan mudah dijumpai di hampir semua toko kue oleh-oleh di Kyoto. Bila krim manis dirasa tidak sesuai selera, sekarang dapat dengan mudah ditemukan varian isi lain seperti matcha, stroberi atau hoji-cha.

senju senbei
washagi.kotolog.jp

2. Konpeito

Konpeito lahir bukan murni dari Jepang melainkan dibawa oleh bangsa portugis di abad 16. Sejak itu makanan ini menjadi terkenal sebagai manis-manisan khas Jepang. Di Kyoto ada pembuatnya yang terkenal bernama Rokojuan Shimizu karena Konpeito-nya berkualitas tinggi dan berwarna-warni. Sejatinya, permen bintang ini tidak ada rasanya, namun sekarang sudah tersedia rentang rasa yang luas mulai dari buah sampai ke rasa aneh lainnya.

konpeito
image: Japan-local-guide

1. Yatsuhashi

Bila ingin mencari snack yang paling Kyoto, Yatsuhashi bisa diletakkan dalam urutan pertama. Snack ini dibuat dari adonan tepung beras rasa kayu manis yang khas, dan tersedia dalam dua versi; mentah atau matang. Versi mentah (nama), seperti terlihat di gambar, biasanya diisi dengan kacang merah manis atau zaman sekarang dapat diganti dengan krim dan cokelat. Teksurnya yang kenyal dan lembut sangat berbahaya di lidah, membuat orang jadi ingin kembali ke Kyoto untuk merasakannya lagi.

yatsuhashi
image: tsunagu-japan
Source : allabout-japan.com
COMMENT