SHARE THIS ARTICLE

Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara trendsetter yang kerap mempengaruhi perkembangan berbagai bidang, baik itu teknologi, otomotif, fashion, hingga kebiasaan mereka sehari-hari. Poin yang terakhir disebutkan tadi merupakan salah satu kekuatan Jepang yang mampu membuat masyarakatnya disegani oleh mata dunia. Ya, mereka memang dikenal memiliki berbagai kebiasaan yang mengagumkan. Bahkan, beberapa kebiasaan positif yang mereka terapkan sejak bertahun-tahun lamanya dapat menginspirasi banyak orang di dunia ini. Lantas kira-kira, apa saja kebiasaan-kebiasaan positif orang Jepang yang menarik untuk disimak? Yuk, ikuti ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mempertahankan Bahasa Mereka

4 kebiasaan jepang (1)

Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara di Asia yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris buruk. Namun mereka dikenal sebagai bangsa yang begitu kekeuh mempertahankan bahasa lokal mereka sendiri. Bahkan, apabila para wisatawan di berbagai tempat umum seperti supermarket hingga stasiun berusaha berbicara menggunakan bahasa Inggris, mereka tetap sering membalasnya dengan berbicara dalam bahasa Jepang. Bahkan biasanya, siswa-siswa dari negara asing yang tengah menjalani studi di Jepang sampai harus mempelajari bahasa Jepang secara intensif.

2. Santun Di Jalanan

4 kebiasaan jepang (2)

Masyarakat Jepang juga dikenal sebagai bangsa yang santun. Saat berada di jalanan, orang-orang yang menyebrang dapat menyebrang dengan tenang dan aman lantaran tak ada gangguan dari lalu lalang kendaraan bermotor yang tetap berjalan walaupun traffic light telah memperlihatkan tanda berhenti. Bahkan, mobil tak akan berjalan mendahului sepeda motor, sedangkan sepeda motor tak akan berjalan mendahului sepeda dan para pengendara sepeda tak akan mendahului pejalan kaki. Selain itu, membunyikan klakson di jalanan Jepang berarti menunjukkan adanya bahaya atau pada kondisi-kondisi genting saja. Dan di luar kondisi tersebut maka para pengguna kendaraan bermotor dilarang membunyikan klakson. Tak hanya itu, suasana jalanan di Jepang pun tak seberisik di negeri kita.

3. Gemar Berolahraga

4 kebiasaan jepang (3)

Tahukah Anda? Ternyata, masyarakat Jepang merupakan tipikal orang yang gemar berolahraga. Bahkan, mereka kerap berolahraga saat cuaca luar rumah tengah dingin atau hari masih malam. Saat itu, mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan berjoging di sekitar rumah mereka. Kebiasaan berolahraga tersebut tak hanya dijalani oleh muda-mudi saja namun juga oleh orang-orang yang telah berusia lanjut. Biasanya, para lansia akan mengajak anjing peliharaan mereka untuk berjalan-jalan di taman-taman yang tak jauh dari kediaman mereka. Selain jogging, rata-rata masyarakat Jepang lebih memilih untuk mengisi waktunya dengan bermain baseball.

4. Menerapkan Budaya Mengantri

4 kebiasaan jepang (4)

Jepang dikenal sebagai negara yang begitu menerapkan budaya mengantri untuk seluruh urusan yang mereka butuhkan. Bahkan, mereka melakukannya dengan penuh kedisiplinan. Uniknya, budaya mengantri ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda di setiap kotanya. Di Osaka misalnya, orang-orang yang benar-benar terburu-buru dipersilahkan untuk menggunakan eskalator di sisi kiri, sedangkan orang yang tak terburu-buru diharuskan untuk menggunakan eskalator di sisi kanan. Lain halnya dengan di Tokyo dan beberapa kota lainnya yang mengharuskan pengguna jalan berjalan di sebelah kiri apabila tengah tak terburu-buru. Sedangkan orang yang tengah terburu-buru diharuskan berjalan di sisi kanan. Uniknya, orang Jepang pasti akan merasa menyesal jika ia menghalangi jalan orang lain.

COMMENT