SHARE THIS ARTICLE

moslem anime chara (1)

Banyaknya karakter anime di berbagai judul yang telah dirilis di Jepang, membuat para penciptanya memasukkan berbagai macam budaya dan juga keyakinan yang mirip dengan di dunia nyata.

Salah satu kebudayaan yang sempat menjadi bagian dari beberapa judul anime adalah Timur Tengah. Beberapa hal terkait budaya tersebut nyaris menonjolkan keyakinan yang dianut oleh penduduk Timur Tengah, yakni Islam.

Bahkan, terdapat juga karakter di dalam anime yang terlihat cukup Islami meskipun tidak dijelaskan dan disebut secara gamblang apa keyakinan yang mereka anut.

Lantas, siapa saja karakter anime yang sempat diduga memeluk agama Islam oleh beberapa penggemarnya? Berikut daftar nama-namanya.

1. Quatre Raberba Winner (Gundam Wing)

moslem anime chara (2)

Salah satu karakter utama dalam anime Gundam Wing ini memang memiliki gaya hidup, penampilan, serta perawakan yang sangat dekat dengan kebudayaan Arab. Bahkan, ia tidak pernah diperlihatkan meminum alkohol.

Quatre tinggal di sebuah koloni angkasa yang sangat menyerupai wilayah Timur Tengah. Bahkan, beberapa kerabatnya sering terlihat mengenakan simbol serta pakaian layaknya umat Muslim Timur Tengah.

Sayangnya, di dalam anime ini tidak dijelaskan apa agama Quatre dan tidak ada satu pun adegan yang memperlihatkan sang pilot robot Gundam ini sedang shalat atau menjalankan tuntutan agama Islam secara eksplisit.

2. Sousuke Sagara (Full Metal Panic)

moslem anime chara (3)

Karakter yang menyamar sebagai pelajar ini, merupakan tentara gerilya sekaligus pilot robot handal yang besar dan tumbuh di Afghanistan. Perawakannya yang pendiam dan unik, sempat menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pecinta anime.

Banyak penggemar Full Metal Panic sempat menduga Sousuke adalah seorang Muslim hanya karena ia tidak meminum alkohol dan tidak mau memakan daging babi.

Akan tetapi, dugaan itu tidak dibarengi dengan beberapa adegan yang memperlihatkan secara gamblang mengenai ciri ke-Islaman Sousuke.

3. Setsuna F Seiei (Gundam 00)

moslem anime chara (4)

Setsuna F Seiei adalah salah satu tokoh protagonis Gundam 00 yang memiliki perawakan tenang selain tokoh utama Gundam Wing, Heero Yuy.

Salah satu hal yang membuat para penggemarnya menduga Setsuna seorang Muslim adalah nama aslinya, Soran Ibrahim. Ditambah lagi ia adalah Orang Kurdi yang sangat dekat dengan bangsa Turki, Irak, Suriah, dan sebagainya.

Dugaan fans lagi-lagi tidak dibuktikan dengan perilaku Setsuna yang mencirikan bahwa dirinya adalah seorang Muslim hingga anime ini berakhir.

4. Aisha (Gundam Seed)

moslem anime chara (5)

Nama Aisha mengingatkan kita akan sejarah Islam yang menyebutkan bahwa ada salah satu istri Nabi Muhammad yang memiliki nama tersebut. Aisha atau Aisyah kemudian menjadi nama pilihan para orangtua untuk anak perempuannya di beberapa negara yang perkembangan Islamnya sangat pesat, termasuk Indonesia.

Karakter Aisha di Gundam Seed sendiri merupakan salah satu pilot robot Gundam yang memiliki pengalaman cukup baik dan wajah yang sangat cantik.

Walaupun diduga Muslim hanya karena namanya, namun pakaian serta perawakan dari Aisha sepanjang anime berjalan, tidak ada yang menunjukkan bahwa ia menganut agama Islam.

COMMENT